Atau
Mau TELPON Kantor : (0274) 581057 atau (0274) 6411735
Atau
Mau SMS : 081804075713
Atau Mau Datang Langsung :
Kantor
SIC Pusat : Jalan Ring Road Utara,
Desa Sanggrahan Rt.08/Rw.10, Depok, Sleman, Yogyakarta. Telp (0274) 581057
Kantor
SIC Cabang Gejayan : Jalan Matahari CTX36C,
Deresan, Gejayan, Yogyakarta. Telp (0274) 6411735
TAHAPAN/URUTAN
PENDAFTARAN PKL/PRAKERIND MELALUI SIC
UNTUK
JURUSAN MULTIMEDIA
DAN
TKJ
/ TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN
1.
DAFTAR dulu dengan mengisi
Formulir (Formulir Bisa Di Download/Copy)
2.
Mengembalikan Formulir ke SIC
3.
Pelatihan GRATIS selama 1 Minggu
terlebih dahulu, meliputi :
a.
Pelatihan menerima tamu ( 1 - 2
Jam)
b.
Pengenalan Badan Usaha/Profil
Badan Usaha nya (profil,staff karyawan,daftar harga,peraturan,dll)
c.
Berbagai Pelatihan GRATIS untuk
Memantapkan Penerapan Di Badan Usaha di Bidang TKJ / TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN dan Bidang Multimedia: ( 1 Minggu , Setiap Pertemuan 2-5 Jam , Sesuai
Dengan Kondisi Peserta PKL, Ada Jam Istirahat), Untuk Daftar PELATIHAN GRATIS
nya Silahkan Bisa Lihat Di Bawah Ini.
4.
Langkah Selanjutnya adalah
Pelatihan Gratis Tentang Motivasi, Kedisiplinan, Kerjasama, Kebersihan, Tanggungjawab,
Percaya Diri, Kemandirian, Kreatifitas, Inisiatif, dll ( 2 Jam )
5.
Langkah Selanjutnya Penempatan ke
TEMPAT PKL/ Badan Usaha Yang Sudah Dipilih Setiap Peserta Di Awal Masuk, (Boleh
Memilih Maksimal 2 Tempat), Pilihannya adalah :
Pilihan Tempat PKL/Prakerind
|
Perkiraan Kapasitas
|
Centang Yang Anda Pilih (Pilihan 1)
|
Centang Yang Anda Pilih (Pilihan 1)
|
1)
SIC Multimedia
2)
Super Production
3)
Herro Notebook Center
4)
KJ Computer
5)
Buana Computer
6)
Spectra Computer
7)
ITC Computer
8)
Auditama Computer
9)
Rajawali
10) Plototten
11) Sg Computer
12) KOTAKOM
13) Bismar Computer
14) Resentika Computer
|
20
10
10
10
10
6
6
10
6
6
6
10
6
10
|
|
|
>>
Untuk Info Lengkap Profil Perusahaan Tersebut, Visi Misi, NPWP, SIUP,Tempatnya,
Aturannnya, dll, Serta BIDANGnya Bisa Tanyakan Langsung ke PIHAK SIC/Menemui Tempatnya
Bersama SIC
6.
Setiap Malam Ada Evaluasi Bersama
, Untuk Kumpul Bersama dengan Teman-teman/ Anak PKL yang Lain ( 1-2 Jam) membicarakan
dan Sharing Apa saja yang sudah dilakukan dan menyusun rencana positif untuk
memaksimalkan masa PKL /Prakerind . Bisa Dengan Cara Sharing Lewat
SMS/Chatting/Kumpul Bersama Disuatu Tempat.
7.
Di Hari Minggu/Hari Libur,
diadakan REKREASI Bersama Untuk Refreshing, Pilihan yang biasa dilakukan
adalah: Futsal Bersama, Renang , Badminton, Ke Pantai, Studio Karaoke, Studio
Musik, Mancing, Makan-Makan, dan Jalan-Jalan Ke Tempat Rekreasi di Sekitar
Yogyakarta, dll (Pilihan Rekreasi Bersama Dipilih Secara Musywarah Bersama,
Bagi Yang Tidak IKUT Juga Boleh)
8.
BAGI YANG DAFTAR PKL/PRAKERIND
DARI LUAR JOGJA, Maka SIC Memberikan FASILITAS GRATIS :
a.
Kost Gratis di SIC, Namun Tempat Terbatas dan harus mengikuti
Aturan yang ada di dalam SIC, Jika Kost di SIC juga akan mendapatkan FASILITAS
Tambahan yaitu :
i.
Kost Gratis (Tidak Dikenakan
Biaya Sepeserpun)
ii.
Listrik GRATIS
iii.
Internet Gratis 24jam Nonstop
iv.
Bagi Peserta PKL / Peserta
Prakerind yang tidak memiliki NOTEBOOK(LAPTOP) / NETBOOK, BOLEH Pinjam Pihak
SIC Secara GRATIS
v.
Bisa Pinjam HANDYCAM Gratis Untuk
Keperluan Dokumentasi Bersama
vi.
Bisa Ikut PELATIHAN TAMBAHAN
secara detail lagi untuk Jurusan/Bidang Multimedia dan TKJ
vii.
Dan Fasilitas lainnya.
b.
Jika TIDAK DAPAT KOST GRATIS di Dalam SIC, Maka Pihak SIC bisa membantu Mencarikan
KOST Yang Dekat/Sekitar Tempat PKL yang di Tuju sesuai dengan keinginan
masing-masing Anak PKL/Anak Prakerind
9.
Untuk Info Lengkapnya Bisa
TELPON/ SMS
DAFTAR
PELATIHAN GRATIS UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND
SEBELUM
DITERJUNKAN KE PERUSAHAAN/BADAN USAHA
SELAMA
1 MINGGU
o Bidang
Teknik Komputer & Jaringan
1.
Pelatihan Perakitan Komputer
Minimal 20 x Perakitan dengan Versi Yang Berbeda
2.
Pelatihan Bongkar Pasang Laptop
Minimal 10x Bongkar Pasang Laptop dengan Merk Berbeda.
3.
Pelatihan Setup BIOS PC &
Laptop Semua Merk
4.
Pelatihan Installasi Windows XP,
7, dan Berbagai Linux ( Mandriva, U-Buntu, Fedora, dll)
5.
Pelatihan Basmi Virus dengan Anti
Virus
6.
Pelatihan Pengenalan Membuat
VIRUS Sendiri
7.
Pelatihan Basmi Virus TANPA
ANTIVIRUS
8.
Pelatihan Optimalisasi LAPTOP
& PC
9.
Pelatihan Perawatan Laptop dan PC
10.
Pelatihan SERVICE LAPTOP
DAN PC ( baik software maupun hardware ) Semua Komponen PC & Laptop
11.
Pelatihan Pemasangan Jaringan
WARNET
12.
Pelatihan Tambahan Lainnya :
(Seperti : Mengembalikan data yang hilang, overClock, Tips Beli Laptop yg Bagus
dan Original, dll)
o Bidang
Multimedia
1.
Pelatihan Pembuatan Web Online
dengan berbagai program
2.
Pelatihan Pembuatan Blog dengan
berbagai variasi
3.
Pelatihan Editing Video dan Audio
4.
Pelatihan Pembuatan GAME
5.
Pelatihan Pembuatan Animasi
Kartun
6.
Pelatihan Desain Segala Desain (
Jaket, Kaos, Pin, Sticker, Spanduk, Buku, cover, foto,dll)
7.
Pelatihan Aransemen Musik
8.
Pelatihan Pengambilan Gambar/
Shooting Video
9.
Pelatihan Pembuatan Company
Profile dengan berbagai Program
10.
Pelatihan Animasi, Kuis
Interaktif, Media Pembelajaran, Forum/Jejaring Sosial
11.
Pelatihan Lainnya ( Bisa Menyesuaikan
waktu yang ada)
INFO
LENGKAP : TELP (0274) 581057 / 6411735, SMS : 081804075713
ALAMAT
:
·
Kantor SIC Pusat : Jalan RingRoad
Utara, Sangrahan Rt 8/Rw10, Depok, Sleman, Yogyakarta, TELP (0274) 581057, MS :
081804075713
·
Kantor SIC Gejayan : Jalan
Matahari CTX36C, Deresan ,Gejayan , Yogyakarta, (0274) 6411735, SMS : 081804075713
A.
Dasar Kompetensi Kejuruan
( MULTIMEDIA DAN TEKNIK KOMPUTER & JARIANGAN)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS
KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
1.
Merakit personal computer
|
1.1
Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
1.2
Melakukan
instalasi komponen PC
1.3
Melakukan keselamatan kerja dalam
merakit komputer
1.4
Mengatur komponen PC menggunakan software
(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi)
1.5
Menyambung periferal
menggunakan software
1.6
Memeriksa hasil perakitan PC dan
pemasangan periferal
|
·
Ikut
Membantu dan Melihat Perakitan Komputer Pesanan
·
Ikut
Membantu dalam Perakitan Komputer Warnet
·
Ikut
Membantu dalam SETUP BIOS PC
·
Bongkar
Pasang laptop
·
SETUP
BIOS di Laptop
·
Diawal
Masuk biasanya ada Pengenalan Komponen PC & Laptop
·
Pengecekan
Hasil Rakitan PC nya
·
Pengecekan
Hasil Bongkar Pasang Laptopnya
|
2.
Melakukan
instalasi sistem operasi dasar
|
2.1
Menjelaskan
langkah instalasi sistem operasi
2.2
Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
2.3
Mengecek hasil instalasi
menggunakan software (sampling)
2.4
Melakukan troubleshooting
|
·
Ikut
Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux (
Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
·
Ikut
Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·
Ikut
Membantu dalam Installasi Program-program yang sering digunakan/permintaan
pelanggan, seperti:Office 2010,Corel draw,adobe collection, 3dmax,opera,winamp,dll
|
3.
Menerapkan
keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)
|
3.1
Mendeskripsikan keselamatan dan
kesehatan kerja (K3)
3.2
Melaksanakan prosedur K3
3.3
Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4
Menerapkan ketentuan pertolongan
pertama pada kecelakaan.
|
·
Pemakaian
Alat bantu kontrol agar aman dalam Perakitan PC
|
B.
KOMPETENSI KEJURUAN
1. Spesial Teknik Komputer dan
Jaringan (071)
>> Sekilas
KERJAAN yang Ada Di JURUSAN TKJ/TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Di Badan Usaha /
Perusahaan
|
TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN
|
SUDAH PERNAH/BELUM
|
||
Pengenalan Komponen Hardware
pada PC
|
||||
Pengenalan Komponen Hardware
pada Laptop
|
||||
Perakitan Komputer / PC
|
||||
Perakitan LAPTOP (bongkar
pasang)
|
||||
Installasi Operasi System :
· DOS,
Windows XP SP1, SP2,SP3, Black Edition, Windows Vista, Windows 7, Linux ,
dengan berbagai macam versi :( Linux 2.2, Linux 2.4, Linux 2.6, Arch
Linux, Debian, Mandriva, OpenSUSE, Fedora, Gentoo, Kubuntu, Red Hat, Turbolinux,
Ubuntu, Xandros, Oracle, Dll
|
||||
Installasi Driver Motherboard
PC, Driver Laptop, yang meliputi driver : (Wlan, CCD_Bison, Modem_Conexant, LaunchManager,
VGA, CCD_Suyin, Touchpad, Synaptics, CardReader, Audio, Lan_Broadcom, Finger_print,
Chipset, Dll
|
||||
Installasi Software-software
umum yang sering dipakai untuk keperluan :
o Optimalisasi,
Reset Software, Browsers and Plugins, File Sharing, Messaging and Chat, File Transfer, Office and News, Developer Tools, Anti-Malware, Firewalls and Security, System Tuning, Compression and Backup, Networking and Admin, Audio and Video, CD and DVD Tools, Desktop, Photos and Images, Drivers, Dll
|
||||
Optimalisasi dan Perawatan
PC/Laptop
|
||||
Pengecekan Kerusakan pada PC
Troubleshooting Motherboard, Troubleshooting Power
Supply, Troubleshooting Keyboard, Troubleshooting
Floppy Disk Drive & Hardisk
|
||||
Pengecekan Kerusakan pada
Laptop
|
||||
SERVICE pada PC
|
||||
SERVICE pada Laptop
|
||||
Pengenalan Jaringan Komputer
|
||||
Perawatan Periferal
o Monitor, Keyboard,
Mouse, Printer, Fan, Dll
|
||||
Service Periferal
|
||||
Setting Ulang Sistem PC
|
||||
Instalasi Sistem Operasi
Berbasis GUI (Graphical User Interface) (MS Windows,LINUX,dll)
|
||||
30.
7.
|
PENGENALAN TAMBAHAN:
·
Penerimaan Tamu
·
Ikut Menjadi STAFF
TEKNISI/STAFF Marketing di PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
·
Marketing Secara
Online
·
Pembuatan WARNET
(diikutsertakan dalam proses pembuatan WARNET)
·
Membandingkan
komponen PC dan LAPTOP
·
Pengenalan BISNIS
ONLINE
·
Pembuatan Video
Iklan Untuk Sponsor
·
Pembuatan Video
Profil masing-masing peserta PKL
|
PERBANDINGAN /
KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK
PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN
MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK
SEKOLAH
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
1.
Menerapkan teknik elektronika
analog dan digital dasar
|
1.1
Menerapkan teori kelistrikan
1.2
Mengenal komponen elektronika
1.3
Menggunakan komponen elektronika
1.4
Menerapkan konsep elektronika
digital
1.5
Menerapkan sistem bilangan digital
1.6
Menerapkan
elektronika digital untuk komputer
|
·
Diawal
Dibantu dalam Pengenalan Komponen pada Motherboard, Power Suplay, Komponen
dalam Laptop, Hardisk,dll
·
Melihat
& Membantu dalam Pengecekan Komponen yang rusak pada PC dan Laptop,
·
Melihat
dan Membantu dalam pengecekan komponen dengan menggunakan alat yang sudah
disediakan
|
2.
Menerapkan fungsi peripheral dan
instalasi PC
|
2.1
Mengidentifikasi macam-macam
periferal dan fungsinya
2.2
Menyambung/memasang periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software
2.3
Melakukan tindakan korektif
|
·
Ikut
Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux (
Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
·
Ikut
Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·
Ikut
Membantu dalam Installasi Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan,
seperti:Office 2010,Corel draw,adobe collection, 3dmax,opera,winamp,dll
|
3.
Mendiagnosis
permasalahan pengoperasian PC dan periferal
|
3.1
Mengidentifikasi masalah melalui
gejala yang muncul
3.2
Mengklasifikasikan
masalah berdasarkan kelompoknya
3.3
Mengisolasi
permasalahan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
·
Ikut
Membantu SERVICE Laptop dan PC
|
4.
Melakukan
perbaikan dan/ atau setting
ulang sistem PC
|
4.1
Menjelaskan langkah perbaikan PC
4.2
Memperbaiki PC
4.3
Memeriksa
hasil perbaikan sistem PC
|
·
Ikut
Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
·
Ikut
Membantu SERVICE Laptop dan PC
|
5.
Melakukan perbaikan peripheral
|
5.1
Menjelaskan
langkah perbaikan periferal yang bermasalah
5.2
Memperbaiki
periferal
5.3
Memeriksa
hasil perbaikan periferal
|
·
Ikut
Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
·
Ikut
Membantu SERVICE Laptop dan PC
|
6.
Melakukan perawatan PC
|
6.1
Menjelaskan
langkah perawatan PC
6.2
Melakukan
perawatan PC
6.3
Memeriksa
hasil perawatan PC
6.4
Melakukan tindakan korektif
|
·
Ikut
Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
·
Ikut
Membantu SERVICE Laptop dan PC
·
Memberikan
Info Cara Perawatan yang baik ke Pelanggan
·
Ikut
Dalam Pelayanan Konsultasi ke Pelanggan
|
7.
Melakukan
instalasi sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI)
|
7.1
Menjelaskan langkah instalasi
sistem operasi berbasis Graphical
User Interface (GUI)
7.2
Melaksanakan instalasi sistem
operasi berbasis GUI sesuai Installation Manual
7.3
Menjelaskan langkah instalasi
sistem operasi berbasis Command Line
Interface (CLI)
7.4
Melaksanakan instalasi sistem
operasi berbasis text sesuai Installation Manual
|
·
Ikut
Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux (
Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
|
8.
Melakukan instalasi software
|
8.1
Menjelaskan
langkah instalasi software
8.2
Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
8.3
Mengecek hasil instalasi
menggunakan software (sampling)
8.4
Melakukan troubleshooting
|
·
Ikut
Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·
Ikut
Membantu dalam Installasi Program-program yang sering digunakan/permintaan
pelanggan, seperti:Office 2010,Corel draw,adobe collection,
3dmax,opera,winamp,dll
|
9.
Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local
Area Network)
|
9.1
Menentukan
persyaratan pengguna
9.2
Membuat
desain awal jaringan
9.3
Mengevaluasi
lalu lintas jaringan
9.4
Menyelesaikan
desain jaringan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pemasangan Jaringan LAN di pesanan WARNET, Pemasangan Speedy,
dll
·
Ikut
Membantu dalam Pemasangan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan
Tetap/Baru
|
10.
Mendiagnosis
permasalahan pengoperasian PC
yang tersambung jaringan
|
10.1
Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
10.2
Menganalisa
gejala kerusakan
10.3
Melokalisasi daerah kerusakan
10.4
Mengisolasi permasalahan
|
·
Ikut
Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi
yang pesan / Pelanggan Tetap
·
Ikut
Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan
yang pesan pemasangan WARNET
|
11.
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
|
11.1
Menjelaskan
langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
11.2
Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
11.3
Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
11.4
Memeriksa hasil perbaikan koneksi
jaringan
|
·
Ikut
Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi
yang pesan / Pelanggan Tetap
·
Ikut
Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan
yang pesan pemasangan WARNET
|
12.
Melakukan instalasi sistem operasi
jaringan berbasis Graphical User
Interface (GUI) dan Text
|
12.1
Menjelaskan
langkah instalasi software
12.2
Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
12.3
Mengkonfigurasi
jaringan pada sistem operasi
12.4
Mengecek hasil instalasi
menggunakan software (sampling)
12.5
Melakukan troubleshooting
|
·
Ikut
Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux (
Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
|
13.
Melakukan
instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
|
13.1
Menjelaskan
persyaratan WAN
13.2
Mengidentifikasi
spesifikasi WAN
13.3
Membuat
desain awal jaringan WAN
13.4
Mengevaluasi
lalu lintas jaringan
13.5
Menyelesaikan
desain jaringan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
14. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang
tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
|
14.1
Mengidentifikasi
masalah melalui gejala yang muncul
14.2
Memilah
masalah berdasarkan kelompoknya
14.3
Melokalisasi
daerah kerusakan
14.4
Mengisolasi
masalah
14.5
Menyelesaikan
masalah yang timbul
|
·
Ikut
Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan,
Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan
pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
|
15. Membuat desain sistem
keamanan jaringan
|
15.1
Menentukan jenis-jenis keamanan
jaringan
15.2
Memasang
firewall
15.3
Mengidentifikasi pengendalian
jaringan yang diperlukan
15.4
Mendesain sistem keamanan jaringan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan,
Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan
pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
|
16.
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang
koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
|
16.1
Menjelaskan langkah persiapan
untuk setting
ulang koneksi jaringan
16.2
Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
16.3
Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
16.4
Memeriksa hasil perbaikan koneksi
jaringan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan,
Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan
pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
|
17.
Mengadministrasi
server dalam jaringan
|
17.1
Memilih
aplikasi untuk server
17.2
Memilih sistem operasi untuk
jaringan
17.3
Memilih
komponen server
17.4
Menetapkan
spesifikasi server
17.5
Membangun
dan mengkonfigurasi server
17.6
Menguji
server
17.7
Memonitor
kinerja jaringan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan,
Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan
pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
|
18.
Merancang
bangun dan menganalisa Wide Area
Network
|
18.1
Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan
perangkat jaringan
18.2
Meninjau
masalah keamanan
18.3
Memasang dan mengkonfigurasi
produk dan perangkat gateway
18.4
Mengkonfigurasi dan menguji titik
jaringan
18.5
Mengimplementasi
perubahan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan,
Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan
pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
|
19. Merancang web data base untuk content
server
|
19.1
Menentukan
kebutuhan sistem
19.2
Menentukan
prosedur recovery
19.3
Merancang
arsitektur basis data
19.4
Mengklasifikasikan
penggunaan basis data.
|
·
Ikut
Membantu dalam Perawatan, Pengecekan, penambahan, dan perbaikan pada WEB
Badan Usaha Tersebut, Baik dari Segi Desain, Domain, Hosting,dll
|
TAMBAHAN
Kegiatan/Pekerjaan Selama Prakerind di Bidang TKJ dan Digital
Printing:
·
Melihat dan membantu dalam
SERVICE Laptop dan PC
·
Melihat dan membantu dalam Setup
Bios
·
Melihat dan membantu dalam
Installasi Windows Xp, 7 Linux
·
Melihat dan membantu dalam
Perakitan Komputer
·
Melihat dan membantu dalam
Bongkar Pasang Laptop
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan Toko Online Untuk Toko tersebut
·
Marketing Online dan Offline
·
Melihat dan membantu dalam
Konsultasi dengan Tamu/Pemesan/Pelanggan
·
Membantu dalam Service Monitor,
Laptop, PC, Modem, Mp3 Player,Tablet PC, dll
·
Membantu dalam penerimaan tamu
·
Membantu dalam Inventarisasi
barang-barang
·
Antar Jemput Barang-Barang
·
Ikut Dalam Pameran KOMPUTER
TERBESAR di Jogja di JEC
·
Pergi Ke Relasi-Relasi , Service
Center, dll
·
Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
·
Membantu dalam Pembuatan Blog
Online, Company Profile Badan Usaha/Toko Tersebut.
·
Membantu dalam Pembuatan Brosur
Iklan, Desain Untuk Keperluan Marketing/Pemasaran, dll
·
Membantu dalam Pembuatan
PIN, STICKER, CETAK FOTO, Spanduk,
·
Membantu dalam Pembuatan Desain
dan Juga Pembuatan JAKET, KAOS, Jamper
·
Membantu dalam Pembuatan Spanduk,
MUG/Gelas Cantik, X-Banner, Brosur/Pamflet, Cetak Buku
·
Dan kegiatan/kerjaan lainnya.
2. Multi Media (072)
>>
Spesial Untuk Jurusan Multimedia akan ada pengenalan Software-Software lain
yang sering digunakan untuk pembuatan Produk Media, Yaitu :
NO
|
KETERANGAN SOFTWARE
|
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
|
|
|
WEB DEVELOPMENT
|
||
Pembuatan Web dengan Ms. Publisher
|
|||
Pembuatan Web dengan WPM
|
|||
Pembuatan Web dengan EES
|
|||
Pembuatan Web dengan WebKitPlus
|
|||
Pembuatan Web dengan Web exe
|
|||
Pembuatan Web dengan Expression web design menu
|
|||
Pembuatan Web dengan Atrise web design HTMLock
|
|||
Pembuatan WEB berbasis CMS (Content Management System) :
o WordPress, Jommla!,Mambo, Drupal, Typo3,e107,
Dll
|
|||
Program Tambahan :
o Sigma visual ajax GUI builder, Free colored scrollbar,
AAA Web album, Coffe cup free HTML editor, Java Script, MySQL, PHP, HTML, Dll
|
|||
Pembuatan Web Online
o Dll
Pembuatan Blog Online
> Astalog.com, www.Blogger.com, Wordpress.com, Livejournal.com, Blog.com,
Comluv.com, Blogs.ie, Blogsome.com, Blogdrive.com , Instablogs.com, www.Atom5.com, www.Vox.com, Blogmas.com, www.Blognow.com.au, www.Bravenet.com , www.zoomspace.com, 360.yahoo.com, www.weebly.com, tooum.com, www.terapad.com, www.squarespace.com, www.soulcast.com, www.shoutpost.com, www.opendiary.com, www.netcipia.com , multiply.com, www.etribes.com ,
clearblogs.com, www.blogyx.com, www.Blogster.com, www.Blogr.com, Edublogs.org,
Blogetery.com, www.Wordcountjournal.com , www.Trippert.com, www.Freevlog.org, www.Busythumbs.com, www.Blogcheese.com., www.greatestjournal.com, www.Akopo.com, Zorpia.com,
Mytypes.com, my.Opera.com , www.Blogates.co, A- blogger.com, Plinplan.net, Weblogs.web.id,
Ayongeblog.com, Blogdetik.com, Dagdigdug.com, Dll
Pembuatan Forum
Online, Jejaring Sosial & Program Pendukungnya
o IndonesianForum.net/Forumotion.com, Createmybb3.com, Smfnew.com, Freesmfhosting.com, Forumup.com, Nabble.com, Etano, Pointter, Grou.ps
o Program Pendukung lainny :
1024, Affinity Circles –AIOCP, Altrasoft E-Friends, BCOOS
BitWeaver, Blogtronix, CMS Made SimpleCollective, Content Now, Converdge, CrowdVine, Crowd Factory, Dolphin, DragonFly CMS, DrBenHur Drupal, DZOIC Handshakes e107, Easy Portal, Elgg, Elxis, Etomite, Exponent CMS, EXV2, EZPublish, Fundanemt, FuzzLime, GeekLog, GoingOn, GoLightly, GoLightly Plus, iGaming CM, SInsane Visions, Intro Networks, Jaws Projects, Joomla, Jupiter Portal, KickApps, Kwiqq Social Website Builder, Leverage, Software, Lithium, LiveWorld, Mambo, MaxDev, Me.com, ModX CMS, MiPhoto, Neighborhood America –Netious, Ning, Omnifuse, OneSite, Ovidentia, People Aggregator, Pheap, PHPFpx, PHP Fusion, PHP Nuke, PHPCMS, PHPizabi, PHP Web Site, Pligg, Pluck, Plume Content Management, PostNuke CMS, Pringo, Prospero, Run CMS, Select Minds, SilverStripe, Small World Labs, Social Platform, Sparta Social Networks, Spip, Telligent Community Server 2007, The Port Social Media Site, TikiWiki, Toenda, Typo3, TypoLight, Village Engine, Web Crossing, |
|||
MULTIMEDIA DEVELOPMENT
|
|||
Macromedia Flash
|
|||
Sothink EES SWF
|
|||
Decomplier
|
|||
Adobe Flash CS
|
|||
3D max
|
|||
2D animatior
|
|||
3D animator
|
|||
Xara 3D
|
|||
Swish max
|
|||
Adobe after effect
|
|||
Auto run / auto play
|
|||
Avid Free DV
|
|||
Zolopages
|
|||
Emule ultra accelerator
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|||
|
GAME DEVELOPMENT
|
||
Game creator
|
|||
3D game studio
|
|||
Game discovery
|
|||
Adventure game studio
|
|||
R.P.G maker vx
|
|||
Jump craft
|
|||
Krita
|
|||
Macromedia Flash
|
|||
Unity 3D
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|||
|
AUDIO VISUAL DEVELOPMENT
|
||
Fruity loop
|
|||
Band inbox
|
|||
Adobe audition
|
|||
Avid Free DV
|
|||
Sonic video editing
|
|||
Sony vegas
|
|||
Adobe after effect
|
|||
Sonic video editing
|
|||
Ulead editing video
|
|||
Cool Edit Pro
|
|||
Dan Program pendukung lainnya :
Amadeus Pro, Ardour, Audacity, Audiobook Cutter Free Edition, Audio Editor Gold, Audio Dementia, AudioLab[1], Audio Cleaning Lab[2],
Creative Wavestudio, Diamond Cut DC7, Ecasound, Freecycle, Fast Edit, Fission, FlexiMusic Wave Editor, Goldwave, Jokosher, LMMS,
Media Digitalizer, Mp3splt, MusE, Aviary Myna, n-Track Studio, NU-Tech, Pro Tools, Pyramix, Qtractor, QuickAudio, Reaper[5], ReZound
Rosegarden, SADiE, Sample Wrench, Snd[6], SndBite,Sound Forge, Sound Normalizer[7], Soundbooth, Soundscape 32, SoX, Studio One, Sweep, Total Recorder, Traverso DAW,WaveLab, Wave Editor,
|
|||
|
Media and Advertising
|
||
Adobe photoshop
|
|||
Ulead editing photo express
|
|||
Corel Draw
|
|||
Wax
|
|||
Zwei stein
|
|||
Paint net
|
|||
Art weaver
|
|||
Photo Plus SE
|
|||
Photo filtre
|
|||
Paint star
|
|||
Pixen
|
|||
Ink Scape
|
|||
Seashore
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|||
PENGENALAN TAMBAHAN:
·
Penerimaan Tamu
·
Ikut Menjadi STAFF
TEKNISI/STAFF Marketing di PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
·
Marketing Secara
Online
·
Pembuatan WARNET
(diikutsertakan dalam proses pembuatan WARNET)
·
Membandingkan
komponen PC dan LAPTOP
·
Pengenalan BISNIS ONLINE
·
Pembuatan Video
Iklan Untuk Sponsor
·
Pembuatan Video
Profil masing-masing peserta PKL
|
PERBANDINGAN /
KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK
PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN
MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK
SEKOLAH
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS
KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
1.
Memahami
etimologi multimedia
|
1.1 Mendeskripsikan
tentang multimedia
1.2 Menjelaskan
multimedia content production
1.3 Menjelaskan
multimedia communication
|
·
Ikut
Membantu dalam Penerimaan Tamu Untuk Pelayanan ke Pelanggan mengenai
Multimedia, Pesanan Media Pembelajaran, Pesanan Web, Pesanan Game, Pesanan Animasi,
Kartun, Desain, Editing Audio Video, dll
|
2.
Memahami alir proses produksi produk multimedia
|
2.1
Menjelaskan proses
pre production multimedia
2.2
Menjelaskan proses
production multimedia
2.3
Menjelaskan proses
post production multimedia
|
·
Ikut
Membantu dalam Perancangan Desain,
Ide/Inisiatif dalam Pembuatan Pesanan Multimedia ( Pesanan Web, Kuis
Interaktif, Blog, Editing Video, Animasi, Kartun, Game, Media Pembelajaran, Company
Profile, Pemilihan Domain dan Hosting , Aneka Desain Kaos, Jaket,
Spanduk,dll)
|
3.
Merawat
peralatan multimedia
|
3.1
Menjelaskan langkah-langkah
perawatan peralatan multimedia
3.2
Melakukan perawatan peralatan
multimedia
3.3
Membuat kartu perawatan peralatan
multimedia
|
·
Ikut
Membantu dalam Perawatan setiap harii, meliputi Pengontrolan, pembersihan
peralatan,pengecekan,dll
|
4.
Mengelola
isi halaman web
|
4.1
Memeriksa informasi untuk
relevansi dan currency
4.2
Memeriksa links dan navigasi
4.3
Mengedit informasi sesuai
kebutuhan
4.4
Menguji dan memastikan perubahan
perubahan
|
·
Ikut
Membantu dalam Pembuatan pesanan WEB, baik desain, isi, sampai ke proses
Domain dan Hosting.
|
5.
Menerapkan
teknik pengambilan gambar produksi
|
5.1
Menjelaskan
prosedur pengoperasian kamera video
5.2
Mengoperasikan
kamera video
5.3
Mengisi dan merawat battery
selama pengambilan gambar
5.4
Mengoperasikan kamera
5.5
Menata
kabel-kabel kamera
5.6
Mengoperasikan clapper board
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan /Pengambilan VIDEO untuk Company Profile, Untuk
Keperluan pembuatan WEB, Untuk Keperluan Pesanan Media Pembelajaran
·
Ikut
Membantu dalam Editing Video dan Audio nya
·
Ikut
Membantu dalam Perancangan Video bersama staff/Karyawan
|
6.
Menerapkan
prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
|
6.1
Menjelaskan kaidah estetika dan
etika seni grafis (nirmana)
6.2
Membuat sketsa
6.3
Menggambar perspektif
6.4
Menggambar objek
6.5
Menggambar ilustrasi
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
|
7.
Menguasai
cara menggambar kunci untuk animasi
|
7.1
Menjelaskan syarat animasi
7.2
Membuat gambar kunci
7.3
Mengatur dan melengkapi gambar
kunci
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya. Pembuatan animasi
biasanya diperlukan untuk pesanan pembuatan kartun edukasi, kartun untuk
company profile, web dan media pembelajaran
|
8.
Menguasai
cara menggambar clean-up dan sisip
|
8.1
Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2
Membuat gambar-gambar asli
8.3
Mendeskripsikan gambar tiga
dimensi
8.4
Membuat gambar tiga dimensi
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi 3D dengan Penambahan dan pengenalan
program/software, seperti : 3D max, XARA 3D, Macromedia Flash, Adobe After
Effect,dll
|
9.
Menguasai
dasar animasi stop-motion (bidang
datar)
|
9.1
Mendeskripsikan syarat-syarat
animasi
9.2
Membuat model warna dan tempat
warna
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
|
10.
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
|
10.1
Menggunakan software teks multimedia
10.2
Mendesain teks multimedia
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company
Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
|
11.
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
|
11.1
Mengedit gambar digital
11.2
Menggunakan software grafik multimedia 2D
11.3
Menciptakan design grafik
Multimedia 2D
11.4
Menampilkan karya seni digital 2D
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
|
12.
Menggabungkan
fotografi digital kedalam sajian multimedia
|
12.1
Menggunakan kamera digital
12.2
Menggabungkan foto digital ke
dalam rangkaian multimedia
12.3
Menciptakan susunan karya seni
foto digital dan grafik 2D
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pesanan editing FOTO pernikahan, baik secara desain asli
maupun desain manipulasi Adobe Photoshop, Corel Photo Paint
|
13.
Menggabungkan
audio ke dalam sajian multimedia
|
13.1
Menjabarkan format audio digital
13.2
Menggunakan software audio
digital
13.3
Merancang audio digital
13.4
Membangun track audio digital
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan editing audio, program yang sering digunakan:adobe
audition, band in box, beatcraff,organ digital, fruityloop,cool edit pro,dll
|
14.
Membuat
story board aplikasi multimedia
|
14.1
Mengidentifikasi kebutuhan
14.2
Merencanakan alur isi story board
14.3
Medeskripsikan proses pelaksanaan
dalam story board
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
|
15.
Memahami
cara penggunaan peralatan tata cahaya
|
15.1
Menjelaskan dasar tata cahaya
15.2
Menjelaskan efek cahaya
15.3
Menyiapkan operasi lighting
|
·
Ikut
Membantu dalam editing Video
·
Ikut
Membantu dalam editing Foto
|
16.
Menerapkan
efek khusus pada objek produksi
|
16.1
Mengidentifikasikan materi
penunjang efek khusus
16.2
Menginstallasi software efek khusus
16.3
Membuat efek khusus pada obyek
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan
software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis
interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
|
17.
Menyusun
proposal penawaran
|
17.1 Menganalisa
syarat-syarat proyek
17.2 Mengidentifikasi
keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3 Membuat
rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada
17.4 Membuat
proposal
17.5 Membuat
pengajuan permohonan tender
|
·
Ikut
Membantu dalam pembuatan proposal proyek ke Perusahaan / Instansi dalam penyebaran
untuk keperluan Marketing.
·
Ikut
Dalam Peninjauan/Menemui Pelanggan untuk penawaran pengajuan Proposal
|
TAMBAHAN
Kegiatan/Pekerjaan Selama Prakerind di Bidang/ JURUSAN Multimedia :
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan web, meliputi:
Ć Desain dari berbagai Program
Ć Proses HOSTING dan Domain
Ć Perawatan/Optimalisasi WEB
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan media pembelajaran, meliputi:
o
Desain, Lay Out, Editing Musik,
Revisi
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan game media interaktif
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan GAME Petualangan Umum
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan Blog
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan editing foto
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan editing video
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan editing music
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan desain spanduk, sticker, dan pin
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan desain lay out buku
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan desain cover, dll
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan Game Edukasi
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan Forum/Jejaring Sosial
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan Toko Online
·
Melihat dan membantu dalam
pembuatan Company Profile
·
Membantu dalam Pengambilan
gambar/Shooting Video Untuk Keperluan media, dll
·
Membantu dalam penerimaan tamu
·
Membantu dalam Inventarisasi
barang-barang
·
Marketing Online dan Offline
·
Pembuatan Brosur Iklan, Desain
Untuk Keperluan Marketing/Pemasaran, dll
·
Melihat dan membantu dalam
Konsultasi dengan Tamu/Pemesan/Pelanggan
·
Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
·
Dan kegiatan/kerjaan lainnya.
Atau
Mau TELPON Kantor : (0274) 581057 atau (0274) 6411735
Atau
Mau SMS : 081804075713
Atau Mau Datang Langsung :
Kantor
SIC Pusat : Jalan Ring Road Utara,
Desa Sanggrahan Rt.08/Rw.10, Depok, Sleman, Yogyakarta. Telp (0274) 581057
Kantor
SIC Cabang Gejayan : Jalan Matahari CTX36C,
Deresan, Gejayan, Yogyakarta. Telp (0274) 6411735
FORMULIR PENDAFTARAN
PRAKTEK KERJA
LAPANGAN /PRAKTEK DUNIA USAHA/PRAKTEK KERJA INDUSTRI
MELALUI SIC
A.
IDENTITAS PESERTA
· NAMA
· JENIS
KELAMIN
· TTL
· AGAMA
· ALAMAT
LENGKAP
· NO
HP PESERTA
· NIS
/ NIM
· NAMA
SEKOLAH/UNIVERSITAS
· ALAMAT
SEKOLAH/UNIVERSITAS
· PROGRAM
KEAHLIAN PESERTA
· EMAIL
& FACEBOOK
B.
PEMBIMBING/PENANGGUNGJAWAB PKL/PDU/PRAKERIND
o NAMA
o NIP
o NO
HP/TELP
o ALAMAT LENGKAP
C. IDENTITAS ORANGTUA PESERTA
o NAMA
AYAH :
i.
PEKERJAAN
ii. UMUR/USIA
o NAMA
IBU :
i.
PEKERJAAN
ii. UMUR/USIA
o NO
HP/TELP
o ALAMAT
LENGKAP
D.
LAIN-LAIN
Ć
Sebutkan Sakit yang
pernah dialami anda :
......................................................................
......................................................................
......................................................................
Ć
Apakah anda bisa
mengendarai Sepeda Motor dengan benar ? ( Sudah / Belum )
Ć
Apakah anda ke
sekolah sering menggunakan Sepeda Motor? ( Ya / Tidak )
Ć
Apakah anda sudah
memiliki SIM ? ( Sudah / Belum )
Ć
Sebutkan Organisasi
yang sudah pernah anda ikuti ...............................................................
Ć
Berapa jumlah saudara
dalam keluarga anda? ( ........................... )
Ć
Apakah anda memiliki
Laptop (Notebook)/ Netbook ? ( Ya / Tidak )
Ć
Apakah anda memiliki
kamera digital / Handycam ? (Kamera Digital / Handycam /
Tidak Punya )
TAMBAHAN UNTUK
PESERTA PKL/PRAKERIND
1. TULISKAN
MATERI DAN PRAKTEK JURUSAN MULTIMEDIA / JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SELAMA DISEKOLAH / Universitas ANDA
a. Macromedia
Flash
b. Perakitan
Komputer
c. …………………………………………………………….
d. …………………………………………………………….
e. …………………………………………………………….
f. …………………………………………………………….
g. …………………………………………………………….
h. …………………………………………………………….
i. …………………………………………………………….
j. …………………………………………………………….
k. …………………………………………………………….
l. …………………………………………………………….
m. …………………………………………………………….
n. …………………………………………………………….
o. …………………………………………………………….
2. Sebutkan
Keterampilan / Skill yang sudah anda kuasai sampai saat ini (Jurusan Multimedia
& Teknik Komputer dan Jaringan )
a. …………………………………………………………….
b. …………………………………………………………….
c. …………………………………………………………….
d. …………………………………………………………….
e. …………………………………………………………….
f. …………………………………………………………….
3. Sebutkan
Hobi yang anda sukai selama ini
a.
…………………………………………………………….
b.
…………………………………………………………….
c.
…………………………………………………………….
4. Sebutkan
Cita-cita anda setelah lulus Sekolah / Kuliah
a.
…………………………………………………………….
b.
…………………………………………………………….
c.
…………………………………………………………….
5. Apakah
yang anda inginkan selama PKL/Prakerind berlangsung? (Lingkari yang anda
inginkan)
1) SERTIFIKAT/PIAGAM
PENGHARGAAN
2) Dibantu
Pembuatan Laporan PKL/ Prakerind oleh Pihak SIC
3) Ikut
Berbagai Pelatihan Gratis di SIC Bidang Multimedia dan Komputer sebagai Bekal
sambil menerapkan di badan Usaha/Tempat Usaha yang disediakan oleh PIhak SIC
4) Tuliskan
lagi keinginan anda :
o
.......................................................................................................................
o
.................................................................................................................................
o
...................................................................................................................................
PENAWARAN PKL
/Prakerind Melalui SIC
Profil SIC
a. Sekilas
Profil SIC
SIC (Source of Inspiration Club), merupakan Organisasi
/ Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas, Mahasiswa yang telah bergabung
di SIC meliputi mahasiswa UGM, UNY, UIN, UAD, UTY, UII, UPN, AMIKOM, AKAKOM,
dan RESPATI. SIC memiliki 5 Bidang Program Kerja yaitu :
1. Bidang Pendidikan
dan Pelatihan
2. Bidang Dana Usaha
3. Bidang Sosial dan
Kerohanian
4. Bidang Humas dan
Pengkaderan
5. Bidang Informasi
dan Penerbitan
Bantuan di Bidang PKL/ PRAKERIND yaitu di ( Bidang
Sosial & Kerohanian) dan (Bidang Pendidikan & Pelatihan).
Info secara lengkap mengenai SIC dari segi : Visi Misi, Tujuan, Peraturan,
Bidang-Bidang, dan lainnya secara detail silahkan buka WEB: www.sicpusat.com dan www.my-sic.org
b. Alamat
Lengkap :
1. Kantor SIC Pusat :
Jalan
RingRoad Utara, Sanggrahan Rt 08/ Rw 10, Condong Catur, Depok Sleman
Yogyakarta. (depan POLDA DIY)
2. Kantor SIC Gejayan :
Jalan
Matahari CTX36C, Deresan, Gejayan, Yogyakarta (dari jalan Gejayan masuk gang
bakung sampai perempatan pertama)
Tujuan Penerimaan PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa
SIC khususnya Bidang BSK ( Bidang
Sosial & Kerohanian) memiliki program kerja di Bidang PKL/Prakerind/PDU
untuk Siswa dan Mahasiswa dari berbagai sekolah / Universitas.
Tujuan
SIC menerima PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa :
1) Membantu dan mempermudah siswa/pelajar untuk mencari
tempat PKL / Prakerind/PDU
2) Membantu siswa mengenalkan dunia usaha
3) Membantu siswa mendalami kembali materi dan praktek
yang sudah diterapkan di sekolah masing-masing
4) Membantu dan membimbing siswa untuk mengenalkan dunia
kampus/ dunia kuliah
5) Membantu siswa yang berminat untuk meneruskan ke
tingkat Kuliah
6) Membantu siswa dalam penempatan kerja setelah siswa
lulus sekolah
Alur Kegiatan PKL / Prakerind Melalui SIC
1.
Pendaftaran dan
pengisian Formulir secara Online/Langsung Datang/Copy Formulir yang sudah
disediakan (bisa di copy/diperbanyak)
2.
Pembekalan PELATIHAN
selama 1 Minggu secara bertahap dan GRATIS
3.
Penerapan Langsung
/Peserta PKL /Prakerind Diterjunkan Langsung Dalam Perusahaan/Badan Usaha
Dengan Cara Memilih Sesuai dengan Jurusannnya masing-masing
TAMBAHAN :
· Untuk
Melihat & Menghubungi 14 Tempat Usaha/Badan Usaha diatas silahkan bisa
menghubungi Pihak SIC terlebih dahulu
· Info
Lengkap Bisa SMS/TELP : Telp.(0274)6411735 / Hp :081804075713
· Perlu
diperhatikan Pada saat PKL/Prakerind di Tempat usaha/Badan usaha
Tersebut, setiap peserta harus :
1.
Berpakaian rapi dan
sopan, menggunakan Hem/Kemeja dan celana panjang
2.
Bersepatu/sandal
sepatu
3.
Tidak Merokok
diruangan
4.
Tidak boleh memakai
HP (HP dimatikan/silent) pada saat diberi Pengarahan selama Jam Kerja. Boleh
menggunakan HP pada saat istirahat/diluar jam kerja/Jika Ada SMS/TELP penting
Bisa Ijin Untuk Menerima Telp/Balas SMS.
5.
Jam Kerja di setiap
badan usaha kira-kira 6 - 8 jam untuk Peserta PKL setiap harinya ( ada yang
masuk jam 07.00 sampai jam 16.00, ada yang masuk jam 09.00 sampai jam 17.00,
ada yang masuk jam 09.00 – 21.00, dan Jadwal Jam BISA Pilih Bisa Ikut Yang Per
SHIFT PAGI, SHIFT Siang, SHIFT Malam )
· FORMULIR DAN
KETENTUAN INI DICOPY SEBANYAK 4X , Diberikan kepada :
1.
Pihak Sekolah
2.
Pihak Keluarga
3.
Pihak Peserta PKL
4.
Pihak SIC
Yogyakarta, ................................
Pihak Sekolah Pihak
Peserta
..............................
................................
Pihak Keluarga Pihak
SIC
................................ ................................
0 komentar:
Posting Komentar