\ CARI TEMPAT PKL JURUSAN TKJ | Teguh Setiawan SIC Multimedia

Pages

Kamis, 08 November 2012

CARI TEMPAT PKL JURUSAN TKJ


(info lengkap silahkan Download di LAMPIRAN)

INFORMASI BANTUAN GRATIS
14 (EMPAT BELAS) TEMPAT PKL/PRAKERIND
UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA DAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN)
DI DAERAH YOGYAKARTA


A.     Pendahuluan
a.      Latar Belakang
Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan PKL/Prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.
Beberapa siswa peserta Prakerin ada yang memilih tempat Prakerin yang dipilihkan pihak Sekolah, ada yang mencari sendiri, dan sebagainya. Banyak siswa peserta Prakerin yang mengalami permasalahan seperti :
1.      Kesusahan dan bingung untuk mencari tempat Prakerin sendiri
2.      Tempat Prakerin yang kurang cocok/tidak cocok dengan jurusannnya
3.      Kebingungan mencari Kost/Tempat tinggal sementara jika dari luar daerah
4.      Banyak siswa peserta Prakerin yang disepelekan
5.      Banyak siswa peserta Prakerin yang nganggur di jam kerja karena tidak diberi kesempatan ikut dalam kerja secara real/nyata
6.      Dan sebagainya

Dengan adanya kasus/permasalahan di atas, maka kami dari SIC, Yaitu ORGANISASI Persahabatan Mahasiswa antar Universitas se-DIY (Mahasiswa dari UGM, UNY, UIN, UAD, UTY, AMIKOM, AKAKOM, RESPATI, UST, dan UII, memberikan BANTUAN GRATIS untuk siswa peserta Prakerin dalam :
1)      Menyediakan Tempat Prakerind/PKL/PDU dengan kerjasama dengan 14 Badan Usaha yang bisa untuk peserta PKL/Prakerind Jurusan MULTIMEDIA & TKJ
2)      Pelatihan GRATIS untuk pembekalan sebelum diterjunkan ke tempat Prakerin. Dengan waktu menyesuaikan pesertanya, biasanya Pelatihan Normal diadakan 3 hari sampai 5 hari , Pelatihannya meliputi Pelatihan Jurusan Multimedia dan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan), DAFTAR PELATIHAN nya di LAMPIRAN 1
3)      Kost Gratis di SIC, Namun Tempat Terbatas dan harus mengikuti Aturan yang ada di dalam SIC, Jika Kost di SIC juga akan mendapatkan FASILITAS Tambahan yaitu :
·         Kost Gratis (Tidak Dikenakan Biaya Sepeserpun)
·         Listrik GRATIS
·         Internet Gratis 24jam Nonstop 
·         Bagi Peserta PKL / Peserta Prakerind yang tidak memiliki NOTEBOOK(LAPTOP)  / NETBOOK, BOLEH Pinjam Pihak SIC Secara GRATIS
·         Bisa Pinjam HANDYCAM Gratis Untuk Keperluan Dokumentasi Bersama
·         Bisa Ikut PELATIHAN TAMBAHAN secara detail lagi untuk   Jurusan/Bidang Multimedia dan TKJ
·         Dan Fasilitas lainnya.
4)      Bantuan Tambahan :
·         Dibantu dalam pembuatan LAPORAN Prakerin
·         Bagi Siswa kurangmampu akan ada bantuan biaya Hidup.
·         Jika Tidak Mendapatkan KOST GRATIS Di SIC, Maka Pihak SIC bisa membantu Mencarikan KOST Yang Dekat/Sekitar Tempat PKL yang di Tuju sesuai dengan keinginan masing-masing Anak PKL/Anak Prakerind



b.      Sekilas Tentang SIC (Source of Inspiration Club), Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas
SIC (Source of Inspiration Club), merupakan Organisasi / Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas, Mahasiswa yang telah bergabung di SIC meliputi mahasiswa UGM, UNY, UIN, UAD, UTY, UII, UPN, AMIKOM, AKAKOM, dan RESPATI. SIC memiliki 5 Bidang Program Kerja yaitu :
1.  Bidang Pendidikan dan Pelatihan
2.  Bidang Dana Usaha
3.  Bidang Sosial dan Kerohanian
4.  Bidang Humas dan Pengkaderan
5.  Bidang Informasi dan Penerbitan

Bantuan GRATIS untuk siswa/mahasiswa peserta PKL/ PRAKERIND/PDU yaitu di ( Bidang Sosial & Kerohanian)  dan (Bidang  Pendidikan & Pelatihan). Info secara lengkap mengenai SIC dari segi : Visi Misi, Tujuan, Peraturan, Bidang-Bidang, dan lainnya secara detail silahkan BUKA : www.my-sic.org

Alamat Lengkap :
1.        Kantor SIC Pusat :Jalan RingRoad Utara, Sanggrahan Rt 08/ Rw 10, Condong Catur, Depok Sleman Yogyakarta. (depan POLDA DIY)
2.        Kantor SIC Gejayan :Jalan Matahari CTX36C, Deresan, Gejayan, Yogyakarta (dari jalan Gejayan masuk gang bakung sampai perempatan pertama)



c.       Tujuan Membantu Gratis dalam Penerimaan PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa
SIC khususnya Bidang BSK ( Bidang Sosial & Kerohanian) memiliki program kerja Bantuan GRATIS di Bidang PKL/Prakerind/PDU untuk Siswa dan Mahasiswa dari berbagai sekolah / Universitas.Tujuan SIC menerima PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa :
1)      Membantu dan mempermudah siswa/mahasiswa untuk mencari tempat PKL / Prakerind/PDU
2)      Membantu siswa/mahasiswa mengenalkan dunia usaha
3)      Membantu siswa/mahasiswa mendalami kembali materi dan praktek yang sudah diterapkan di Sekolah/Universitas masing-masing
4)      Membantu dan membimbing siswa untuk mengenalkan dunia kampus/ dunia kuliah
5)      Membantu siswa yang berminat untuk meneruskan ke tingkat Kuliah
6)      Membantu siswa dalam penempatan kerja setelah siswa/mahasiswa lulus sekolah/kuliah


B.      Alur Kegiatan PKL / Prakerind Melalui SIC
1.    DAFTAR dulu dengan mengisi Formulir (Formulir Bisa Di Download/Copy)
2.    Mengembalikan Formulir ke SIC
3.    Pelatihan GRATIS selama 3-5 Hari terlebih dahulu, meliputi :
a.    Pelatihan menerima tamu ( 1 - 2 Jam)
b.    Pengenalan Badan Usaha/Profil Badan Usaha nya (profil,staff karyawan,daftar      harga,peraturan,dll
c.    Berbagai Pelatihan GRATIS untuk Memantapkan Penerapan Di Badan Usaha di Bidang TKJ / TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN dan Bidang Multimedia: ( selama 3-5hari, Setiap Pertemuan 2-5 Jam , Sesuai Dengan Kondisi Peserta PKL, Ada Jam Istirahat), Untuk Daftar PELATIHAN GRATIS nya Silahkan Bisa Lihat Di LAMPIRAN 1.
4.    Langkah Selanjutnya adalah Pelatihan Gratis Tentang Motivasi, Kedisiplinan, Kerjasama, Kebersihan, Tanggungjawab, Percaya Diri, Kemandirian, Kreatifitas, Inisiatif, dll ( 2 Jam )
5.    Langkah Selanjutnya Penempatan ke TEMPAT PKL/ Badan Usaha Yang Sudah Dipilih Setiap Peserta Di Awal Masuk, (Boleh Memilih Maksimal 2 Tempat), Pilihannya adalah :
Pilihan Tempat PKL/Prakerind
Perkiraan Kapasitas
Centang Yang Anda Pilih (Pilihan 1)
SIC Multimedia
Super Production
Herro Notebook Center
KJ Computer
Buana Computer
Spectra Computer
ITC Computer
Auditama Computer
Rajawali
Plototten
Sg Computer
KOTAKOM
Bismar Computer
Resentika Computer
20
10
10
10
10
6
6
10
6
6
6
10
6
10
>> Untuk Info Lengkap Profil Perusahaan Tersebut, Visi Misi, NPWP, SIUP,Tempatnya, Aturannnya, dll, Serta BIDANGnya Bisa Tanyakan Langsung ke PIHAK SIC/Menemui Tempatnya Harus Bersama pihak SIC

6.  Setiap Malam Ada Evaluasi Bersama , Untuk Kumpul Bersama dengan Teman-teman/ Anak PKL yang Lain ( 1-2 Jam) membicarakan dan Sharing Apa saja yang sudah dilakukan dan menyusun rencana positif untuk memaksimalkan masa PKL /Prakerind . Bisa Dengan Cara Sharing Lewat SMS/Chatting/Kumpul Bersama di Ruangan pertemuan SIC.
7.  Di Hari Minggu/Hari Libur, diadakan REKREASI Bersama Untuk Refreshing, Pilihan yang biasa dilakukan adalah: Futsal Bersama, Renang , Badminton, Ke Pantai, Studio Karaoke, Studio Musik, Mancing, Makan-Makan, dan Jalan-Jalan Ke Tempat Rekreasi di Sekitar Yogyakarta, dll (Pilihan Rekreasi Bersama Dipilih Secara Musywarah Bersama, Bagi Yang Tidak IKUT Juga Boleh)

C.      TAMBAHAN :
Ø  Untuk Melihat & Menghubungi 14 Tempat Usaha/Badan Usaha diatas silahkan bisa
Ø  menghubungi Pihak SIC terlebih dahulu
Ø  Info Lengkap Bisa SMS/TELP : Telp.(0274)6411735 / Hp :081804075713


D.     Perlu diperhatikan Pada saat PKL/Prakerind di Tempat usaha/Badan usaha Tersebut, setiap Peserta harus :
·   Berpakaian rapi dan sopan, menggunakan Hem/Kemeja dan celana panjang
·   Bersepatu/sandal sepatu
·   Tidak Merokok diruangan
·   Tidak boleh memakai HP (HP dimatikan/silent) pada saat diberi Pengarahan selama Jam Kerja. Boleh menggunakan HP pada saat istirahat/diluar jam kerja/Jika Ada SMS/TELP penting Bisa Ijin Untuk Menerima Telp/Balas SMS.
·   Jam Kerja di setiap badan usaha kira-kira 6 - 8 jam untuk Peserta PKL setiap harinya ( ada yang masuk jam 07.00 sampai jam 16.00, ada yang masuk jam 09.00 sampai jam 17.00, ada yang masuk jam 09.00 – 21.00, dan Jadwal Jam BISA Pilih Bisa Ikut Yang Per SHIFT PAGI, SHIFT Siang, SHIFT Malam )






















LAMPIRAN 1

DAFTAR PELATIHAN GRATIS UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND
SEBELUM DITERJUNKAN KE PERUSAHAAN/BADAN USAHA
SELAMA 3-5 HARI


·   Bidang Teknik Komputer & Jaringan

1.       Pelatihan Perakitan Komputer Minimal 20 x Perakitan dengan Versi Yang Berbeda
2.       Pelatihan Bongkar Pasang Laptop Minimal 10x Bongkar Pasang Laptop dengan Merk
3.       Berbeda.
4.       Pelatihan Setup BIOS PC & Laptop Semua Merk
5.       Pelatihan Installasi Windows XP, 7, dan Berbagai Linux ( Mandriva, U-Buntu, Fedora, dll)
6.       Pelatihan Basmi Virus dengan Anti Virus
7.       Pelatihan Pengenalan Membuat VIRUS Sendiri
8.       Pelatihan Basmi Virus TANPA ANTIVIRUS
9.       Pelatihan Optimalisasi LAPTOP & PC
10.   Pelatihan Perawatan Laptop dan PC
11.   Pelatihan  SERVICE LAPTOP DAN PC ( baik software maupun hardware ) Semua Komponen PC           
12.   & Laptop
13.   Pelatihan Pemasangan Jaringan WARNET
14.   Pelatihan Tambahan Lainnya : (Seperti : Mengembalikan data yang hilang, overClock, Tips
15.   Beli Laptop yg Bagus dan Original, dll)


·   Bidang Multimedia
1.           Pelatihan Pembuatan Web Online dengan berbagai program
2.           Pelatihan Pembuatan Blog dengan berbagai variasi
3.           Pelatihan Editing Video dan Audio
4.           Pelatihan Pembuatan GAME
5.           Pelatihan Pembuatan Animasi Kartun
6.           Pelatihan Desain Segala Desain ( Jaket, Kaos, Pin, Sticker, Spanduk, Buku, cover, foto,dll)
7.           Pelatihan Aransemen Musik
8.           Pelatihan Pengambilan Gambar/ Shooting Video
9.           Pelatihan Pembuatan Company Profile dengan berbagai Program
10.       Pelatihan Animasi, Kuis Interaktif, Media Pembelajaran, Forum/Jejaring Sosial
11.       Pelatihan Lainnya ( Bisa Menyesuaikan waktu yang ada)






LAMPIRAN 2

A.     Dasar Kompetensi Kejuruan
( MULTIMEDIA DAN TEKNIK KOMPUTER & JARIANGAN)

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
1.    Merakit personal computer
1     Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
2     Melakukan instalasi komponen PC
3     Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
4     Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi)
5     Menyambung periferal menggunakan software
6     Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
·   Ikut Membantu dan Melihat Perakitan Komputer Pesanan
·   Ikut Membantu dalam Perakitan Komputer Warnet
·   Ikut Membantu dalam SETUP BIOS PC
·   Bongkar Pasang laptop
·   SETUP BIOS di Laptop
·   Diawal Masuk biasanya ada Pengenalan Komponen PC & Laptop
·   Pengecekan Hasil Rakitan PC nya
·   Pengecekan Hasil Bongkar Pasang Laptopnya
Melakukan instalasi sistem operasi dasar
1.            Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
2.            Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
3.            Mengecek hasil instalasi menggunaka software (sampling)
4.            Melakukan troubleshooting
·   Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
·   Ikut Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·   Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office 2010, Corel draw, adobe collection,  3dmax, opera, winamp, dll
Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH)
1              Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
2              Melaksanakan prosedur K3
3              Menerapkan konsep lingkungan hidup
4              Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
·   Pemakaian Alat bantu kontrol agar aman dalam Perakitan PC






B.     KOMPETENSI KEJURUAN
                                                                                                                                
1.     Spesial Teknik Komputer dan Jaringan (071)
>> Sekilas KERJAAN yang Ada Di JURUSAN TKJ/TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Di Badan Usaha / Perusahaan

NO
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SUDAH PERNAH/
BELUM
SUDAH PERNAH/
BELUM
SUDAH PERNAH/
BELUM


Pengenalan Komponen Hardware pada PC




Pengenalan Komponen Hardware pada Laptop




Perakitan Komputer / PC




Perakitan LAPTOP (bongkar pasang)




Installasi Operasi System :
·         DOS, Windows XP SP1, SP2,SP3, Black Edition, Windows Vista, Windows 7, Linux , dengan berbagai macam versi :( Linux 2.2, Linux 2.4, Linux 2.6, Arch Linux, Debian, Mandriva, OpenSUSE, Fedora, Gentoo, Kubuntu, Red Hat, Turbolinux, Ubuntu, Xandros, Oracle, Dll




Installasi Driver Motherboard PC, Driver Laptop, yang meliputi driver : (Wlan, CCD_Bison, Modem_Conexant,  LaunchManager, VGA, CCD_Suyin, Touchpad, Synaptics, CardReader, Audio, Lan_Broadcom, Finger_print, Chipset, Dll




Installasi Software-software umum yang sering   dipakai untuk keperluan :




Optimalisasi dan Perawatan PC/Laptop



Pengecekan Kerusakan pada PC
Troubleshooting Motherboard,
Troubleshooting Power Supply,
Troubleshooting Keyboard, 
Troubleshooting Floppy Disk Drive & Hardisk




Pengecekan Kerusakan pada Laptop




SERVICE pada PC




SERVICE pada Laptop




Pengenalan Jaringan Komputer




Perawatan Periferal
o   Monitor, Keyboard, Mouse, Printer, Fan, Dll




Service Periferal











Installasi  Sistem Operasi Jaringan Berbasis Text (DOS, POSIX, LINUX)








Pengenalan Semua Merk Laptop dan Ciri Khas Masing-Masing : (Acer, Advan, A-Note, Aedupac, Apple, Axioo, Asus, Benq, Byon, Dell, Forsa, Fujitsu, Gateway, HP/Compaq, Lenovo, MSI, Samsung, Sony Vaio, Toshiba, Zyrex, dan Merk Lain








Setting Ulang Sistem PC
































30.        30.     7.        
PENGENALAN TAMBAHAN:
o   Penerimaan Tamu
o   Ikut Menjadi STAFF TEKNISI/STAFF Marketing di PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
o   Marketing Secara Online
o   Pembuatan WARNET (diikutsertakan dalam proses pembuatan WARNET)
o   Membandingkan komponen PC dan LAPTOP
o   Pengenalan BISNIS ONLINE






TAMBAHAN Kegiatan/Pekerjaan Selama Prakerind di Bidang TKJ dan Digital Printing:
·     Melihat dan membantu dalam SERVICE Laptop dan PC
·     Melihat dan membantu dalam Setup Bios
·     Melihat dan membantu dalam Installasi Windows Xp, 7 Linux
·     Melihat dan membantu dalam Perakitan Komputer
·     Melihat dan membantu dalam Bongkar Pasang Laptop
·     Melihat dan membantu dalam pembuatan Toko Online Untuk Toko tersebut
·     Marketing Online dan Offline
·     Melihat dan membantu dalam Konsultasi dengan Tamu/Pemesan/Pelanggan
·     Membantu dalam Service Monitor, Laptop, PC, Modem, Mp3 Player,Tablet PC, dll
·     Membantu dalam penerimaan tamu
·     Membantu dalam Inventarisasi barang-barang
·     Antar Jemput Barang-Barang
·     Ikut Dalam Pameran KOMPUTER TERBESAR di Jogja di JEC
·     Pergi Ke Relasi-Relasi , Service Center, dll
·     Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
·     Membantu dalam Pembuatan Blog Online, Company Profile Badan Usaha/Toko Tersebut.
·     Membantu dalam Pembuatan Brosur Iklan, Desain Untuk Keperluan Marketing/Pemasaran,
·     dll
·     Membantu dalam Pembuatan  PIN, STICKER, CETAK FOTO, Spanduk,
·     Membantu dalam Pembuatan Desain dan Juga Pembuatan JAKET, KAOS, Jamper
·     Membantu dalam Pembuatan Spanduk, MUG/Gelas Cantik, X-Banner, Brosur/Pamflet, Cetak
·     Buku 
·     Dan kegiatan/kerjaan lainnya.

PERBANDINGAN / KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK SEKOLAH

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
1   Menerapkan teori kelistrikan
2   Mengenal komponen elektronika
3   Menggunakan komponen elektronika
4   Menerapkan konsep elektronika digital
5   Menerapkan sistem bilangan digital
6   Menerapkan elektronika digital untuk komputer
·         Diawal Dibantu dalam Pengenalan Komponen pada Motherboard, Power Suplay, Komponen dalam Laptop, Hardisk,dll
·         Melihat & Membantu dalam Pengecekan Komponen yang rusak pada PC dan Laptop,
·         Melihat dan Membantu dalam pengecekan komponen dengan menggunakan alat yang sudah disediakan
Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
1.      Mengidentifikasi macam-macam periferal dan fungsinya
2.      Menyambung/memasang periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software
3.      Melakukan tindakan korektif
o   Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
o   Ikut Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA, LAN, Wifi, Audio,dll)
o   Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti: Office 2010, Corel draw, adobe collection, 3dmax, opera, winamp, dll
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
1.      Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
2.      Mengklasifikasikan masalah berdasarkan kelompoknya
3.      Mengisolasi permasalahan
o   Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o   Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang sistem PC
1        Menjelaskan langkah perbaikan PC
2        Memperbaiki PC
3        Memeriksa hasil perbaikan sistem PC
o   Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o   Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
Melakukan perbaikan peripheral
4        Menjelaskan langkah perbaikan periferal yang bermasalah
5        Memperbaiki periferal
6        Memeriksa hasil perbaikan periferal
o   Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o   Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
Melakukan perawatan PC
1. Menjelaskan langkah perawatan PC
2. Melakukan perawatan PC
3. Memeriksa hasil perawatan PC
4. Melakukan tindakan korektif
o   Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o   Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
o   Memberikan Info Cara Perawatan yang baik ke Pelanggan
o   Ikut Dalam Pelayanan Konsultasi ke Pelanggan
Melakukan instalasi sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI)
1.      Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI)
2.      Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis GUI sesuai Installation Manual
3.      Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis Command Line Interface (CLI)
4.      Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis text sesuai Installation Manual
·         Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
8.          Melakukan instalasi software
5.      Menjelaskan langkah instalasi software
6.      Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
7.      Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
8.      Melakukan troubleshooting
·         Ikut Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·         Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office 2010,Corel draw,adobe collection, 3dmax,opera,winamp,dll
9.          Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
9.      Menentukan persyaratan pengguna
10.  Membuat desain awal jaringan
11.  Mengevaluasi lalu lintas jaringan
12.  Menyelesaikan desain jaringan
·         Ikut Membantu dalam Pemasangan Jaringan LAN di pesanan WARNET, Pemasangan Speedy, dll
·         Ikut Membantu dalam Pemasangan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan Tetap/Baru
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
13.  Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
14.  Menganalisa gejala kerusakan
15.  Melokalisasi daerah kerusakan
16.  Mengisolasi permasalahan
·         Ikut Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan Tetap
·         Ikut Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
17.  Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
18.  Melakukan perbaikan koneksi jaringan
19.  Melakukan setting ulang koneksi jaringan
20.  Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
·         Ikut Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan Tetap
·         Ikut Membantu dalam Perawatan, Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET
Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Text
21.  Menjelaskan langkah instalasi software
22.  Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
23.  Mengkonfigurasi jaringan pada sistem operasi
24.  Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
25.  Melakukan troubleshooting
·         Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
26.  Menjelaskan persyaratan WAN
27.  Mengidentifikasi spesifikasi WAN
28.  Membuat desain awal jaringan WAN
29.  Mengevaluasi lalu lintas jaringan
30.  Menyelesaikan desain jaringan
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
31.  Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
32.  Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
33.  Melokalisasi daerah kerusakan
34.  Mengisolasi masalah
35.  Menyelesaikan masalah yang timbul
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
Membuat desain sistem keamanan jaringan
36.  Menentukan jenis-jenis keamanan jaringan
37.  Memasang firewall
38.  Mengidentifikasi pengendalian jaringan yang diperlukan
39.  Mendesain sistem keamanan jaringan
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
40.  Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
41.  Melakukan perbaikan koneksi jaringan
42.  Melakukan setting ulang koneksi jaringan
43.  Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
Mengadministrasi server dalam jaringan
44.  Memilih aplikasi untuk server
45.  Memilih sistem operasi untuk jaringan
46.  Memilih komponen server
47.  Menetapkan spesifikasi server
48.  Membangun dan mengkonfigurasi server
49.  Menguji server
50.  Memonitor kinerja jaringan
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
51.  Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan perangkat jaringan
52.  Meninjau masalah keamanan
53.  Memasang dan mengkonfigurasi produk dan perangkat gateway
54.  Mengkonfigurasi dan menguji titik jaringan
55.  Mengimplementasi perubahan
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
Merancang web data base untuk content server
56.  Menentukan kebutuhan sistem
57.  Menentukan prosedur recovery
58.  Merancang arsitektur basis data
59.  Mengklasifikasikan penggunaan basis data.
·         Ikut Membantu dalam Perawatan, Pengecekan, penambahan, dan perbaikan pada WEB Badan Usaha Tersebut, Baik dari Segi Desain, Domain, Hosting,dll



                                                                                                                                                     
             2.     Multi Media (072)
>> Spesial Untuk Jurusan Multimedia akan ada pengenalan Software-Software lain yang sering digunakan untuk pembuatan Produk Media oleh Badan Usaha/Perusahaan Tersebut, Yaitu :

NO
KETERANGAN SOFTWARE
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU

WEB DEVELOPMENT




Pembuatan Web dengan Ms. Publisher




Pembuatan Web dengan WPM




Pembuatan Web dengan EES




Pembuatan Web dengan WebKitPlus




Pembuatan Web dengan Web exe




Pembuatan Web dengan  Expression web design menu




Pembuatan Web dengan Atrise web design HTMLock




Pembuatan WEB berbasis CMS (Content Management System) :
o   WordPress, Jommla!,Mambo, Drupal, Typo3,e107, Dll




Program Tambahan :
o   Sigma visual ajax GUI builder, Free colored scrollbar, AAA Web album, Coffe cup free HTML editor, Java Script, MySQL, PHP, HTML, Dll




Pembuatan Web Online
o  Weebly.com, Webs.com, Webnode.com, Jimdo.com, Spruz.com, Edicy.com, Wikispaces.com, Sauropol.com
o  Roxer.com
o  Dll

Pembuatan Blog Online
>  Astalog.com, www.Blogger.com,  Wordpress.com, Livejournal.com, Blog.com, Comluv.com, Blogs.ie, Blogsome.com,  Blogdrive.com , Instablogs.com, www.Atom5.com, www.Vox.com, Blogmas.com, www.Blognow.com.au, www.Bravenet.com , www.zoomspace.com, 360.yahoo.com, www.weebly.com, tooum.com, www.terapad.com, www.squarespace.com, www.soulcast.com, www.shoutpost.com, www.opendiary.com, www.netcipia.com , multiply.com, www.etribes.com , clearblogs.com,  www.blogyx.com, www.Blogster.com, www.Blogr.com, Edublogs.org, Blogetery.com, www.Wordcountjournal.com , www.Trippert.com, www.Freevlog.org, www.Busythumbs.com, www.Blogcheese.com., www.greatestjournal.com, www.Akopo.com, Zorpia.com, Mytypes.com, my.Opera.com , www.Blogates.co, A- blogger.com, Plinplan.net, Weblogs.web.id, Ayongeblog.com, Blogdetik.com, Dagdigdug.com, Dll

Pembuatan Forum Online, Jejaring Sosial & Program Pendukungnya
o   IndonesianForum.net/Forumotion.com,  Createmybb3.com, Smfnew.com, Freesmfhosting.com,  Forumup.com, Nabble.com, Etano, Pointter, Grou.ps
o   Program Pendukung lainny :




MULTIMEDIA DEVELOPMENT



Macromedia Flash



Sothink EES SWF



Decomplier



Adobe Flash CS



3D max



2D animatior



3D animator



Xara 3D



Swish max



Adobe after effect



Auto run / auto play



Avid Free DV



Zolopages



Emule ultra accelerator



Dan Program pendukung lainnya



GAME DEVELOPMENT



Game creator



3D game studio



Game discovery



Adventure game studio



R.P.G maker vx



Jump craft



Krita



Macromedia Flash



Unity 3D



Dan Program pendukung lainnya



AUDIO VISUAL DEVELOPMENT



Fruity loop



Band inbox



Adobe audition



Avid Free DV



Sonic video editing



Sony vegas



Adobe after effect



Sonic video editing



Ulead editing video



Cool Edit Pro



Dan Program pendukung lainnya :



Media and Advertising



Adobe photoshop



Ulead editing photo express



Corel Draw



Wax



Zwei stein



Paint net



Art weaver



Photo Plus SE



Photo filtre



Paint star



Pixen



Ink Scape



Seashore



Dan Program pendukung lainnya



PENGENALAN TAMBAHAN:
o   Penerimaan Tamu
o   Ikut Menjadi STAFF TEKNISI/STAFF Marketing di PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
o   Marketing Secara Online
o   Membandingkan komponen PC dan LAPTOP
o   Pengenalan BISNIS ONLINE
o   Pembuatan Video Iklan Untuk Sponsor
o   Pembuatan Video Profil masing-masing peserta PKL







SEKILAS Kegiatan/Pekerjaan Selama Prakerind di Bidang/ JURUSAN Multimedia :
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan web, meliputi:
·         Desain dari berbagai Program
·         Proses HOSTING dan Domain
·         Perawatan/Optimalisasi WEB
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan media pembelajaran, meliputi:
·         Desain, Lay Out, Editing Musik, Revisi
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan game media interaktif
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan GAME Petualangan Umum
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan Blog
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing foto
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing video
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing music
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain spanduk, sticker, dan pin
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain lay out buku
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain cover, dll
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Game Edukasi
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Forum/Jejaring Sosial
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Toko Online
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Company Profile
·         Membantu dalam Pengambilan gambar/Shooting Video Untuk Keperluan media, dll
·         Membantu dalam penerimaan tamu
·         Membantu dalam Inventarisasi barang-barang
·         Marketing Online dan Offline
·         Pembuatan Brosur Iklan, Desain Untuk Keperluan Marketing/Pemasaran, dll
·         Melihat dan membantu dalam Konsultasi dengan Tamu/Pemesan/Pelanggan
·         Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
·         Dan kegiatan/kerjaan lainnya

















PERBANDINGAN / KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK SEKOLAH
               
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
Memahami etimologi multimedia
1.1      Mendeskripsikan tentang multimedia
1.2      Menjelaskan multimedia content production
1.3      Menjelaskan multimedia communication
·         Ikut Membantu dalam Penerimaan Tamu Untuk Pelayanan ke Pelanggan mengenai Multimedia, Pesanan Media Pembelajaran, Pesanan Web, Pesanan Game, Pesanan Animasi, Kartun, Desain, Editing Audio Video, dll
Memahami alir proses produksi produk multimedia
2.1          Menjelaskan proses pre production multimedia
2.2          Menjelaskan proses production multimedia
2.3          Menjelaskan proses post production multimedia
·         Ikut Membantu dalam Perancangan  Desain, Ide/Inisiatif dalam Pembuatan Pesanan Multimedia ( Pesanan Web, Kuis Interaktif, Blog, Editing Video, Animasi, Kartun, Game, Media Pembelajaran, Company Profile, Pemilihan Domain dan Hosting , Aneka Desain Kaos, Jaket, Spanduk,dll)
Merawat peralatan multimedia
3.1         Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2         Melakukan perawatan peralatan multimedia
3.3         Membuat kartu perawatan peralatan multimedia
·         Ikut Membantu dalam Perawatan setiap harii, meliputi Pengontrolan, pembersihan peralatan,pengecekan,dll
Mengelola isi halaman web
4.1         Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
4.2         Memeriksa links dan navigasi
4.3         Mengedit informasi sesuai kebutuhan
4.4         Menguji dan memastikan perubahan perubahan
·         Ikut Membantu dalam Pembuatan pesanan WEB, baik desain, isi, sampai ke proses Domain dan Hosting.
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
5.1         Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2         Mengoperasikan kamera video
5.3         Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4         Mengoperasikan kamera
5.5         Menata kabel-kabel kamera
5.6         Mengoperasikan clapper board
·         Ikut Membantu dalam pembuatan /Pengambilan VIDEO untuk Company Profile, Untuk Keperluan pembuatan WEB, Untuk Keperluan Pesanan Media Pembelajaran
·         Ikut Membantu dalam Editing Video dan Audio nya
·         Ikut Membantu dalam Perancangan Video bersama staff/Karyawan
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
6.1            Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2            Membuat sketsa
6.3            Menggambar perspektif
6.4            Menggambar objek
6.5            Menggambar ilustrasi
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
7.1         Menjelaskan syarat animasi
7.2         Membuat gambar kunci
7.3         Mengatur dan melengkapi gambar kunci
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya. Pembuatan animasi biasanya diperlukan untuk pesanan pembuatan kartun edukasi, kartun untuk company profile, web dan media pembelajaran
Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
8.1            Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2            Membuat gambar-gambar asli
8.3            Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
8.4            Membuat gambar tiga dimensi
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi 3D dengan Penambahan dan pengenalan program/software, seperti : 3D max, XARA 3D, Macromedia Flash, Adobe After Effect,dll
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
9.1            Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
9.2            Membuat model warna dan tempat warna
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
10.1         Menggunakan software teks multimedia
10.2         Mendesain teks multimedia
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game,  web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
11.1         Mengedit gambar digital
11.2         Menggunakan software grafik multimedia 2D
11.3         Menciptakan design grafik Multimedia 2D
11.4         Menampilkan karya seni digital 2D
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
12.1         Menggunakan kamera digital
12.2         Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia
12.3         Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pesanan editing FOTO pernikahan, baik secara desain asli maupun desain manipulasi Adobe Photoshop, Corel Photo Paint
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
13.1         Menjabarkan format audio digital
13.2         Menggunakan software audio digital
13.3         Merancang audio digital
13.4         Membangun track audio digital
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan editing audio, program yang sering digunakan:adobe audition, band in box, beatcraff,organ digital, fruityloop,cool edit pro,dll
Membuat story board aplikasi multimedia
14.1         Mengidentifikasi kebutuhan
14.2         Merencanakan alur isi story board
14.3         Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
15.1         Menjelaskan dasar tata cahaya
15.2         Menjelaskan efek cahaya
15.3         Menyiapkan operasi lighting
·         Ikut Membantu dalam editing Video
·         Ikut Membantu dalam editing Foto
Menerapkan efek khusus pada objek produksi
16.1         Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
16.2         Menginstallasi software efek khusus
16.3         Membuat efek khusus pada obyek
·         Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·         Ikut Membantu dalam pembuatan animasi tingkat lanjutnya.
Menyusun proposal penawaran
17.1     Menganalisa syarat-syarat proyek
17.2     Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3     Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada
17.4     Membuat proposal
17.5     Membuat pengajuan permohonan tender
·         Ikut Membantu dalam pembuatan proposal proyek ke Perusahaan / Instansi dalam penyebaran untuk keperluan Marketing.
·         Ikut Dalam Peninjauan/Menemui Pelanggan untuk penawaran pengajuan Proposal
























FORMULIR PENDAFTARAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN /PRAKTEK DUNIA USAHA/PRAKTEK KERJA INDUSTRI
MELALUI SIC

A.     IDENTITAS PESERTA
·             NAMA                                          
·             JENIS KELAMIN                                                
·             TTL                                                    
·             AGAMA                                         
·             ALAMAT LENGKAP                      
·             NO HP PESERTA                          
·             NIS / NIM                                        
·             NAMA SEKOLAH/UNIVERSITAS                        
·             ALAMAT SEKOLAH/UNIVERSITAS            
·             PROGRAM KEAHLIAN PESERTA 
·             EMAIL & FACEBOOK                   
        
B.     PEMBIMBING/PENANGGUNGJAWAB PKL/PDU/PRAKERIND
o  NAMA                                    
o  NIP                                     
o  NO HP/TELP                       
o  ALAMAT LENGKAP 

  C.    IDENTITAS ORANGTUA PESERTA
o   NAMA AYAH   :
                              i.      PEKERJAAN        
                              ii.      UMUR/USIA      

o   NAMA IBU       :
                              i.      PEKERJAAN         
                              ii.      UMUR/USIA      

o   NO HP/TELP                                   
o   ALAMAT LENGKAP             

 D.     LAIN-LAIN
·         Sebutkan Sakit yang pernah dialami anda :
......................................................................
......................................................................
......................................................................
·         Apakah anda bisa mengendarai Sepeda Motor dengan benar ? ( Sudah  / Belum )
·         Apakah anda sudah memiliki SIM ? ( Sudah  / Belum )
·         Sebutkan Organisasi yang sudah pernah anda ikuti  ...............................................................
·         Berapa jumlah saudara dalam keluarga anda? ( ........................... )
·         Apakah anda memiliki Laptop (Notebook)/ Netbook ? ( Ya  / Tidak )
·         Apakah anda memiliki kamera digital / Handycam ? (Kamera Digital  /  Handycam  / Tidak Punya )



TAMBAHAN UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND

1.    TULISKAN MATERI DAN PRAKTEK JURUSAN MULTIMEDIA / JURUSAN TEKNIK  KOMPUTER  DAN JARINGAN SELAMA DISEKOLAH / Universitas ANDA
a.      (misal) Macromedia Flash
b.      (misal) Perakitan Komputer
c.       …………………………………………………………….
d.      …………………………………………………………….
e.      …………………………………………………………….
f.        …………………………………………………………….
g.      …………………………………………………………….
h.      …………………………………………………………….
i.        …………………………………………………………….
j.        …………………………………………………………….
k.       …………………………………………………………….
l.        …………………………………………………………….
m.    …………………………………………………………….
n.      …………………………………………………………….
o.      …………………………………………………………….
2.   Sebutkan Keterampilan / Skill yang sudah anda kuasai sampai saat ini (Jurusan Multimedia & Teknik Komputer dan Jaringan )
a.            …………………………………………………………….
b.            …………………………………………………………….
c.             …………………………………………………………….
d.            …………………………………………………………….
e.            …………………………………………………………….
f.              …………………………………………………………….

3.    Sebutkan Hobi yang anda sukai selama ini
a.      …………………………………………………………….
b.      …………………………………………………………….
c.       …………………………………………………………….

4.    Sebutkan  Cita-cita anda setelah lulus Sekolah / Kuliah
a.      …………………………………………………………….
b.      …………………………………………………………….
c.       …………………………………………………………….

 5.   Apakah yang anda inginkan selama PKL/Prakerind berlangsung? (Lingkari yang anda inginkan)
1)  SERTIFIKAT/PIAGAM PENGHARGAAN
2)  Dibantu Pembuatan Laporan PKL/ Prakerind oleh Pihak SIC
3) Ikut Berbagai Pelatihan Gratis di SIC Bidang Multimedia dan Komputer sebagai Bekal sambil menerapkan di badan Usaha/Tempat Usaha yang disediakan oleh PIhak SIC
4)  Tuliskan lagi keinginan anda :
o    .......................................................................................................................
o    ............................................................................................................................
o    ............................................................................................................................


·    FORMULIR DAN KETENTUAN INI DICOPY SEBANYAK 4X , Diberikan kepada :

1.      Pihak Sekolah
2.      Pihak Keluarga
3.      Pihak Peserta PKL
4.      Pihak SIC


Yogyakarta, ................................

Pihak Sekolah                                                                                    Pihak Peserta

..............................                                                                    ................................



Pihak Keluarga                                                                                       Pihak SIC


................................                                                                   ................................



0 komentar:

Posting Komentar