(info lengkap silahkan Download di LAMPIRAN)
INFORMASI BANTUAN GRATIS
14 (EMPAT BELAS) TEMPAT PKL/PRAKERIND
UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA DAN TKJ (TEKNIK KOMPUTER
& JARINGAN)
DI DAERAH YOGYAKARTA
A.    
Pendahuluan
a.      Latar Belakang
Sesuai dengan
kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa
yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan
bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan
melaksanakan PKL/Prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan
pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan
berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK. 
Beberapa
siswa peserta Prakerin ada yang memilih tempat Prakerin yang dipilihkan pihak Sekolah,
ada yang mencari sendiri, dan sebagainya. Banyak siswa peserta Prakerin yang
mengalami permasalahan seperti :
1.     
Kesusahan dan bingung untuk mencari
tempat Prakerin sendiri
2.     
Tempat Prakerin yang kurang cocok/tidak
cocok dengan jurusannnya
3.     
Kebingungan mencari Kost/Tempat
tinggal sementara jika dari luar daerah
4.     
Banyak siswa peserta Prakerin yang
disepelekan
5.     
Banyak siswa peserta Prakerin yang
nganggur di jam kerja karena tidak diberi kesempatan ikut dalam kerja secara
real/nyata
6.     
Dan sebagainya
Dengan adanya
kasus/permasalahan di atas, maka kami dari SIC, Yaitu ORGANISASI
Persahabatan Mahasiswa antar Universitas se-DIY (Mahasiswa dari UGM, UNY, UIN,
UAD, UTY, AMIKOM, AKAKOM, RESPATI, UST, dan UII, memberikan BANTUAN GRATIS
untuk siswa peserta Prakerin dalam :
1)     
Menyediakan Tempat Prakerind/PKL/PDU
dengan kerjasama dengan 14 Badan Usaha yang bisa
untuk peserta PKL/Prakerind Jurusan MULTIMEDIA & TKJ
2)     
Pelatihan GRATIS
untuk pembekalan sebelum diterjunkan ke tempat Prakerin. Dengan waktu
menyesuaikan pesertanya, biasanya Pelatihan Normal diadakan 3 hari sampai 5
hari , Pelatihannya meliputi Pelatihan Jurusan Multimedia dan TKJ (Teknik
Komputer & Jaringan), DAFTAR PELATIHAN nya di LAMPIRAN 1
3)     
Kost Gratis di SIC, Namun Tempat Terbatas dan harus mengikuti Aturan yang
ada di dalam SIC, Jika Kost di SIC juga akan mendapatkan FASILITAS Tambahan
yaitu :
·        
Kost Gratis (Tidak
Dikenakan Biaya Sepeserpun)
·        
Listrik GRATIS
·        
Internet Gratis 24jam
Nonstop 
·        
Bagi Peserta PKL /
Peserta Prakerind yang tidak memiliki NOTEBOOK(LAPTOP)  /
NETBOOK, BOLEH Pinjam Pihak SIC Secara GRATIS
·        
Bisa Pinjam HANDYCAM
Gratis Untuk Keperluan Dokumentasi Bersama
·        
Bisa Ikut PELATIHAN
TAMBAHAN secara detail lagi untuk  
Jurusan/Bidang Multimedia dan TKJ
·        
Dan Fasilitas
lainnya.
4)     
Bantuan Tambahan
:
·        
Dibantu dalam pembuatan LAPORAN Prakerin
·        
Bagi Siswa kurangmampu akan ada
bantuan biaya Hidup.
·        
Jika Tidak Mendapatkan KOST GRATIS Di
SIC, Maka Pihak SIC bisa membantu
Mencarikan KOST Yang Dekat/Sekitar Tempat PKL yang di Tuju sesuai dengan
keinginan masing-masing Anak PKL/Anak Prakerind
b.      Sekilas Tentang
SIC (Source of Inspiration Club), Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas
SIC (Source of Inspiration Club), merupakan Organisasi
/ Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas, Mahasiswa yang telah bergabung
di SIC meliputi mahasiswa UGM, UNY, UIN, UAD, UTY, UII, UPN, AMIKOM, AKAKOM,
dan RESPATI. SIC memiliki 5 Bidang Program Kerja yaitu :
1.  Bidang Pendidikan dan Pelatihan
2.  Bidang Dana Usaha
3.  Bidang Sosial dan Kerohanian
4.  Bidang Humas dan Pengkaderan
5.  Bidang Informasi dan Penerbitan
Bantuan GRATIS untuk siswa/mahasiswa peserta PKL/
PRAKERIND/PDU yaitu di ( Bidang Sosial & Kerohanian)  dan
(Bidang  Pendidikan & Pelatihan). Info secara lengkap mengenai SIC
dari segi : Visi Misi, Tujuan, Peraturan, Bidang-Bidang, dan lainnya secara
detail silahkan BUKA : www.my-sic.org
Alamat Lengkap :
1.       
Kantor SIC Pusat :Jalan RingRoad Utara, Sanggrahan Rt 08/ Rw 10, Condong
Catur, Depok Sleman Yogyakarta. (depan POLDA DIY)
2.       
Kantor SIC Gejayan :Jalan Matahari CTX36C, Deresan, Gejayan, Yogyakarta
(dari jalan Gejayan masuk gang bakung sampai perempatan pertama)
c.       Tujuan Membantu Gratis dalam Penerimaan
PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa
SIC khususnya Bidang BSK ( Bidang Sosial &
Kerohanian) memiliki program kerja Bantuan GRATIS di Bidang PKL/Prakerind/PDU
untuk Siswa dan Mahasiswa dari berbagai sekolah / Universitas.Tujuan SIC menerima PKL/Prakerind/PDU
Bagi Siswa :
1)      Membantu dan mempermudah siswa/mahasiswa untuk mencari
tempat PKL / Prakerind/PDU
2)      Membantu siswa/mahasiswa mengenalkan dunia usaha
3)      Membantu siswa/mahasiswa mendalami kembali materi dan
praktek yang sudah diterapkan di Sekolah/Universitas masing-masing
4)      Membantu dan membimbing siswa untuk mengenalkan dunia
kampus/ dunia kuliah
5)      Membantu siswa yang berminat untuk meneruskan ke
tingkat Kuliah
6)      Membantu siswa dalam penempatan kerja setelah siswa/mahasiswa
lulus sekolah/kuliah
B.     
Alur Kegiatan PKL /
Prakerind Melalui SIC
1.   
DAFTAR dulu dengan
mengisi Formulir (Formulir Bisa Di Download/Copy)
2.   
Mengembalikan
Formulir ke SIC
3.   
Pelatihan GRATIS
selama 3-5 Hari terlebih dahulu, meliputi :
a.    Pelatihan menerima tamu ( 1 - 2 Jam)
b.    Pengenalan Badan Usaha/Profil Badan Usaha nya
(profil,staff karyawan,daftar     
harga,peraturan,dll
c.    Berbagai Pelatihan GRATIS untuk Memantapkan Penerapan
Di Badan Usaha di Bidang TKJ / TEKNIK
KOMPUTER & JARINGAN dan Bidang
Multimedia: ( selama 3-5hari, Setiap Pertemuan 2-5 Jam , Sesuai Dengan
Kondisi Peserta PKL, Ada Jam Istirahat), Untuk Daftar PELATIHAN GRATIS nya
Silahkan Bisa Lihat Di LAMPIRAN 1.
4.   
Langkah Selanjutnya
adalah Pelatihan Gratis Tentang Motivasi, Kedisiplinan, Kerjasama, Kebersihan,
Tanggungjawab, Percaya Diri, Kemandirian, Kreatifitas, Inisiatif, dll ( 2 Jam )
5.   
Langkah Selanjutnya
Penempatan ke TEMPAT PKL/ Badan Usaha Yang Sudah Dipilih Setiap Peserta Di Awal
Masuk, (Boleh Memilih Maksimal 2 Tempat), Pilihannya adalah :
| 
Pilihan Tempat
  PKL/Prakerind | 
Perkiraan Kapasitas | 
Centang Yang Anda
  Pilih (Pilihan 1) | 
| 
SIC Multimedia 
Super Production 
Herro Notebook Center 
KJ Computer 
Buana Computer 
Spectra Computer 
ITC Computer 
Auditama Computer 
Rajawali  
Plototten 
Sg Computer  
KOTAKOM 
Bismar Computer 
Resentika Computer | 
20 
10 
10 
10 
10 
6 
6 
10 
6 
6 
6 
10 
6 
10 | 
>> Untuk Info
Lengkap Profil Perusahaan Tersebut, Visi Misi, NPWP, SIUP,Tempatnya,
Aturannnya, dll, Serta BIDANGnya Bisa Tanyakan Langsung ke PIHAK SIC/Menemui
Tempatnya Harus Bersama pihak SIC
6.  Setiap Malam Ada Evaluasi Bersama , Untuk Kumpul
Bersama dengan Teman-teman/ Anak PKL yang Lain ( 1-2 Jam) membicarakan dan
Sharing Apa saja yang sudah dilakukan dan menyusun rencana positif untuk
memaksimalkan masa PKL /Prakerind . Bisa Dengan Cara Sharing Lewat SMS/Chatting/Kumpul
Bersama di Ruangan pertemuan SIC.
7.  Di Hari Minggu/Hari Libur, diadakan REKREASI Bersama
Untuk Refreshing, Pilihan yang biasa dilakukan adalah: Futsal Bersama, Renang ,
Badminton, Ke Pantai, Studio Karaoke, Studio Musik, Mancing, Makan-Makan, dan
Jalan-Jalan Ke Tempat Rekreasi di Sekitar Yogyakarta, dll (Pilihan Rekreasi
Bersama Dipilih Secara Musywarah Bersama, Bagi Yang Tidak IKUT Juga Boleh)
C.     
TAMBAHAN :
Ø 
Untuk Melihat &
Menghubungi 14 Tempat Usaha/Badan Usaha diatas silahkan bisa 
Ø 
menghubungi Pihak SIC
terlebih dahulu
Ø 
Info Lengkap Bisa
SMS/TELP : Telp.(0274)6411735 / Hp :081804075713
D.     Perlu diperhatikan Pada saat PKL/Prakerind di Tempat usaha/Badan usaha
Tersebut, setiap Peserta harus :
·   Berpakaian rapi dan sopan, menggunakan Hem/Kemeja dan celana
panjang
·   Bersepatu/sandal sepatu
·   Tidak Merokok diruangan
·  
Tidak boleh memakai
HP (HP dimatikan/silent) pada saat diberi Pengarahan selama Jam Kerja. Boleh
menggunakan HP pada saat istirahat/diluar jam kerja/Jika Ada SMS/TELP penting
Bisa Ijin Untuk Menerima Telp/Balas SMS.
·  
Jam Kerja di setiap
badan usaha kira-kira 6 - 8 jam untuk Peserta PKL setiap harinya ( ada yang
masuk jam 07.00 sampai jam 16.00, ada yang masuk jam 09.00 sampai jam 17.00,
ada yang masuk jam 09.00 – 21.00, dan Jadwal Jam BISA Pilih Bisa Ikut Yang Per
SHIFT PAGI, SHIFT Siang, SHIFT Malam )
LAMPIRAN 1
DAFTAR PELATIHAN
GRATIS UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND
SEBELUM DITERJUNKAN
KE PERUSAHAAN/BADAN USAHA
SELAMA 3-5 HARI
·  
Bidang Teknik Komputer & Jaringan
1.       Pelatihan Perakitan Komputer Minimal 20 x Perakitan
dengan Versi Yang Berbeda
2.      
Pelatihan Bongkar
Pasang Laptop Minimal 10x Bongkar Pasang Laptop dengan Merk
3.      
Berbeda.
4.       Pelatihan Setup BIOS PC & Laptop Semua Merk
5.       Pelatihan Installasi Windows XP, 7, dan Berbagai Linux
( Mandriva, U-Buntu, Fedora, dll)
6.       Pelatihan Basmi Virus dengan Anti Virus
7.       Pelatihan Pengenalan Membuat VIRUS Sendiri
8.       Pelatihan Basmi Virus TANPA ANTIVIRUS
9.       Pelatihan Optimalisasi LAPTOP & PC
10.   Pelatihan Perawatan Laptop dan PC
11.  
Pelatihan
 SERVICE LAPTOP DAN PC ( baik software maupun hardware ) Semua Komponen PC
          
12.   & Laptop 
13.   Pelatihan Pemasangan Jaringan WARNET
14.  
Pelatihan Tambahan
Lainnya : (Seperti : Mengembalikan data yang hilang, overClock, Tips
15.   Beli Laptop yg Bagus dan Original, dll)
·   Bidang Multimedia
1.          
Pelatihan Pembuatan
Web Online dengan berbagai program
2.          
Pelatihan Pembuatan
Blog dengan berbagai variasi
3.          
Pelatihan Editing
Video dan Audio
4.          
Pelatihan Pembuatan
GAME
5.          
Pelatihan Pembuatan
Animasi Kartun
6.          
Pelatihan Desain
Segala Desain ( Jaket, Kaos, Pin, Sticker, Spanduk, Buku, cover, foto,dll)
7.          
Pelatihan Aransemen
Musik
8.          
Pelatihan Pengambilan
Gambar/ Shooting Video
9.          
Pelatihan Pembuatan
Company Profile dengan berbagai Program
10.      
Pelatihan Animasi,
Kuis Interaktif, Media Pembelajaran, Forum/Jejaring Sosial 
11.      
Pelatihan Lainnya (
Bisa Menyesuaikan waktu yang ada)
LAMPIRAN 2
A.     Dasar Kompetensi Kejuruan 
( MULTIMEDIA DAN TEKNIK KOMPUTER & JARIANGAN)
| 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA | 
| 
1.    Merakit personal computer | 
1     Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi 
2     Melakukan instalasi komponen PC  
3     Melakukan
  keselamatan kerja dalam merakit komputer 
4     Mengatur
  komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi
  komponen sistem operasi) 
5     Menyambung
  periferal menggunakan software 
6     Memeriksa
  hasil perakitan PC dan pemasangan periferal | 
·   Ikut Membantu dan Melihat Perakitan Komputer Pesanan 
·   Ikut Membantu dalam Perakitan Komputer Warnet 
·   Ikut Membantu dalam SETUP BIOS PC 
·   Bongkar Pasang laptop 
·   SETUP BIOS di Laptop 
·   Diawal Masuk biasanya ada Pengenalan Komponen PC
  & Laptop 
·   Pengecekan Hasil Rakitan PC nya 
·   Pengecekan Hasil Bongkar Pasang Laptopnya | 
| 
Melakukan instalasi sistem operasi dasar | 
1.           
  Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi 
2.           
  Melaksanakan instalasi software sesuai
  Installation Manual 
3.           
  Mengecek hasil instalasi menggunaka software (sampling) 
4.           
  Melakukan troubleshooting | 
·   Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi :
  Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll) 
·  
  Ikut Membantu dalam
  Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll) 
·   Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang
  sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office 2010, Corel draw, adobe
  collection,  3dmax, opera, winamp, dll | 
| 
Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan
  lingkungan hidup (K3LH) | 
1             
  Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja
  (K3) 
2             
  Melaksanakan prosedur K3 
3             
  Menerapkan konsep lingkungan hidup 
4             
  Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada
  kecelakaan. | 
·   Pemakaian Alat bantu kontrol agar aman dalam Perakitan
  PC | 
B.     KOMPETENSI KEJURUAN
1.    
Spesial Teknik Komputer dan Jaringan (071)
>> Sekilas KERJAAN
yang Ada Di JURUSAN TKJ/TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Di Badan Usaha /
Perusahaan
| 
NO | 
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN | 
SUDAH PERNAH/ 
BELUM | 
SUDAH PERNAH/ 
BELUM | 
SUDAH PERNAH/ 
BELUM |  | |||
| 
Pengenalan Komponen
  Hardware pada PC |  |  |  | |||||
| 
Pengenalan Komponen
  Hardware pada Laptop |  |  |  | |||||
| 
Perakitan Komputer
  / PC |  |  |  | |||||
| 
Perakitan LAPTOP
  (bongkar pasang) |  |  |  | |||||
| 
Installasi Operasi
  System : 
·         DOS, Windows XP
  SP1, SP2,SP3, Black Edition, Windows Vista, Windows 7, Linux , dengan
  berbagai macam versi :( Linux 2.2, Linux 2.4, Linux 2.6, Arch Linux,
  Debian, Mandriva, OpenSUSE, Fedora, Gentoo, Kubuntu, Red Hat, Turbolinux,
  Ubuntu, Xandros, Oracle, Dll |  |  |  | |||||
| 
Installasi Driver
  Motherboard PC, Driver Laptop, yang meliputi driver : (Wlan, CCD_Bison,
  Modem_Conexant,  LaunchManager, VGA, CCD_Suyin, Touchpad, Synaptics,
  CardReader, Audio, Lan_Broadcom, Finger_print, Chipset, Dll |  |  |  | |||||
| 
Installasi
  Software-software umum yang sering   dipakai untuk keperluan : 
o   Optimalisasi, Reset Software, Browsers and Plugins, File Sharing, Messaging and Chat, File
  Transfer, Office and News, Developer Tools, Anti-Malware, Firewalls and Security,  System
  Tuning, Compression and Backup, Networking and Admin, Audio and Video, CD and DVD Tools, Desktop, Photos and
  Images, Drivers, Dll |  |  |  | |||||
| 
Optimalisasi dan
  Perawatan PC/Laptop |  |  |  | |||||
| 
Pengecekan
  Kerusakan pada PC 
Troubleshooting Motherboard, 
Troubleshooting
  Power Supply, 
Troubleshooting
  Keyboard,  
Troubleshooting
  Floppy Disk Drive & Hardisk |  |  |  | |||||
| 
Pengecekan
  Kerusakan pada Laptop |  |  |  | |||||
| 
SERVICE pada PC |  |  |  | |||||
| 
SERVICE pada Laptop |  |  |  | |||||
| 
Pengenalan Jaringan
  Komputer |  |  |  | |||||
| 
Perawatan Periferal 
o   Monitor, Keyboard, Mouse, Printer, Fan, Dll |  |  |  | |||||
| 
Service Periferal |  |  |  | |||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
| 
Setting Ulang
  Sistem PC |  |  |  | |||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
|  |  |  | ||||||
| 
30.       
  30.    
  7.         | 
PENGENALAN
  TAMBAHAN: 
o   Penerimaan Tamu 
o   Ikut Menjadi STAFF TEKNISI/STAFF Marketing di
  PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC 
o   Marketing Secara Online 
o   Pembuatan WARNET (diikutsertakan dalam proses
  pembuatan WARNET) 
o   Membandingkan komponen PC dan LAPTOP 
o   Pengenalan BISNIS ONLINE |  |  |  | ||||
TAMBAHAN Kegiatan/Pekerjaan Selama Prakerind di
Bidang TKJ dan Digital Printing:
·     Melihat dan membantu dalam SERVICE Laptop dan PC
·     Melihat dan membantu dalam Setup Bios
·     Melihat dan membantu dalam Installasi Windows Xp, 7
Linux
·     Melihat dan membantu dalam Perakitan Komputer
·     Melihat dan membantu dalam Bongkar Pasang Laptop
·     Melihat dan membantu dalam pembuatan Toko Online Untuk
Toko tersebut
·     Marketing Online dan Offline
·     Melihat dan membantu dalam Konsultasi dengan
Tamu/Pemesan/Pelanggan
·     Membantu dalam Service Monitor, Laptop, PC, Modem, Mp3
Player,Tablet PC, dll
·     Membantu dalam penerimaan tamu
·     Membantu dalam Inventarisasi barang-barang
·     Antar Jemput Barang-Barang
·     Ikut Dalam Pameran KOMPUTER TERBESAR di Jogja di JEC
·     Pergi Ke Relasi-Relasi , Service Center, dll
·     Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
·     Membantu dalam Pembuatan Blog Online, Company Profile
Badan Usaha/Toko Tersebut.
·    
Membantu dalam
Pembuatan Brosur Iklan, Desain Untuk Keperluan Marketing/Pemasaran,
·     dll
·     Membantu dalam Pembuatan  PIN, STICKER, CETAK
FOTO, Spanduk, 
·     Membantu dalam Pembuatan Desain dan Juga Pembuatan
JAKET, KAOS, Jamper
·    
Membantu dalam
Pembuatan Spanduk, MUG/Gelas Cantik, X-Banner, Brosur/Pamflet, Cetak
·     Buku  
·     Dan kegiatan/kerjaan lainnya.
PERBANDINGAN / KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK
PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK SEKOLAH
| 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA | 
| 
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar | 
1  
  Menerapkan teori kelistrikan 
2  
  Mengenal komponen elektronika 
3  
  Menggunakan komponen elektronika 
4  
  Menerapkan konsep elektronika digital 
5  
  Menerapkan sistem bilangan digital 
6  
  Menerapkan elektronika digital untuk
  komputer | 
·        
  Diawal Dibantu
  dalam Pengenalan Komponen pada Motherboard, Power Suplay, Komponen dalam Laptop,
  Hardisk,dll 
·        
  Melihat &
  Membantu dalam Pengecekan Komponen yang rusak pada PC dan Laptop,  
·        
  Melihat dan
  Membantu dalam pengecekan komponen dengan menggunakan alat yang sudah
  disediakan  | 
| 
Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC | 
1.      Mengidentifikasi
  macam-macam periferal dan fungsinya 
2.      Menyambung/memasang
  periferal (secara fisik) dan periferal setup menggunakan software 
3.      Melakukan
  tindakan korektif | 
o   Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi :
  Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll) 
o   Ikut Membantu dalam Installasi DRIVER PC/Laptop
  (VGA, LAN, Wifi, Audio,dll) 
o   Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang
  sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti: Office 2010, Corel draw, adobe
  collection, 3dmax, opera, winamp, dll | 
| 
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal | 
1.      Mengidentifikasi
  masalah melalui gejala yang muncul 
2.      Mengklasifikasikan masalah berdasarkan kelompoknya 
3.      Mengisolasi permasalahan | 
o  
  Ikut Membantu dalam
  Pengecekan PC & Laptop 
o  
  Ikut Membantu
  SERVICE Laptop dan PC | 
| 
Melakukan perbaikan dan/ atau setting
  ulang sistem PC | 
1       
  Menjelaskan langkah perbaikan PC 
2       
  Memperbaiki PC 
3       
  Memeriksa hasil
  perbaikan sistem PC | 
o   Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop 
o   Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC | 
| 
Melakukan perbaikan peripheral | 
4       
  Menjelaskan langkah perbaikan periferal yang
  bermasalah 
5       
  Memperbaiki periferal 
6       
  Memeriksa hasil perbaikan periferal | 
o   Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop 
o   Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC | 
| 
Melakukan perawatan PC | 
1. Menjelaskan
  langkah perawatan PC 
2. Melakukan
  perawatan PC 
3. Memeriksa
  hasil perawatan PC 
4. Melakukan
  tindakan korektif | 
o   Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop 
o   Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC 
o   Memberikan Info Cara Perawatan yang baik ke
  Pelanggan 
o   Ikut Dalam Pelayanan Konsultasi ke Pelanggan | 
| 
Melakukan instalasi sistem operasi berbasis Graphical
  User Interface (GUI) dan Command
  Line Interface (CLI) | 
1.     
  Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
  berbasis Graphical User Interface (GUI)  
2.     
  Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis
  GUI sesuai Installation Manual 
3.     
  Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
  berbasis Command Line Interface (CLI) 
4.     
  Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis
  text sesuai Installation Manual | 
·        
  Ikut Membantu dalam Installasi
  OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento,
  Fedora, dll) | 
| 
8.          Melakukan instalasi software | 
5.     
  Menjelaskan langkah instalasi software 
6.     
  Melaksanakan instalasi software sesuai
  Installation Manual 
7.     
  Mengecek hasil instalasi menggunakan software
  (sampling) 
8.     
  Melakukan troubleshooting | 
·        
  Ikut Membantu dalam Installasi
  DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll) 
·        
  Ikut Membantu dalam Installasi
  Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office
  2010,Corel draw,adobe collection, 3dmax,opera,winamp,dll | 
| 
9.         
  Melakukan
  instalasi perangkat jaringan
  lokal (Local Area Network) | 
9.     
  Menentukan persyaratan pengguna 
10.  Membuat
  desain awal jaringan 
11.  Mengevaluasi
  lalu lintas jaringan  
12.  Menyelesaikan
  desain jaringan | 
·        
  Ikut Membantu dalam Pemasangan
  Jaringan LAN di pesanan WARNET, Pemasangan Speedy, dll 
·        
  Ikut Membantu dalam Pemasangan
  Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan Tetap/Baru | 
| 
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang
  tersambung jaringan | 
13.  Mengidentifikasi
  masalah melalui gejala yang muncul 
14.  Menganalisa
  gejala kerusakan 
15.  Melokalisasi
  daerah kerusakan 
16.  Mengisolasi
  permasalahan | 
·        
  Ikut Membantu dalam Perawatan,
  Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan
  Tetap 
·        
  Ikut Membantu dalam Perawatan,
  Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET | 
| 
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan | 
17.  Menjelaskan
  langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan 
18.  Melakukan
  perbaikan koneksi jaringan 
19.  Melakukan
  setting ulang koneksi jaringan 
20.  Memeriksa
  hasil perbaikan koneksi jaringan | 
·        
  Ikut Membantu dalam Perawatan,
  Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan
  Tetap 
·        
  Ikut Membantu dalam Perawatan,
  Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET | 
| 
Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Text | 
21.  Menjelaskan
  langkah instalasi software 
22.  Melaksanakan
  instalasi software sesuai Installation Manual 
23.  Mengkonfigurasi
  jaringan pada sistem operasi 
24.  Mengecek
  hasil instalasi menggunakan software (sampling) 
25.  Melakukan
  troubleshooting | 
·        
  Ikut Membantu dalam Installasi
  OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento,
  Fedora, dll) | 
| 
Melakukan instalasi
  perangkat jaringan berbasis luas (Wide
  Area Network) | 
26.  Menjelaskan
  persyaratan WAN 
27.  Mengidentifikasi
  spesifikasi WAN 
28.  Membuat
  desain awal jaringan WAN 
29.  Mengevaluasi
  lalu lintas jaringan 
30.  Menyelesaikan
  desain jaringan | 
·        
  Ikut Membantu dalam Pelayanan
  Ke Pelanggan/Konsultasi, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan
  Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet | 
| 
Mendiagnosis
  permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide
  Area Network) | 
31.  Mengidentifikasi
  masalah melalui gejala yang muncul 
32.  Memilah
  masalah berdasarkan kelompoknya 
33.  Melokalisasi
  daerah kerusakan 
34.  Mengisolasi
  masalah 
35.  Menyelesaikan
  masalah yang timbul | 
·        
  Ikut Membantu dalam Pelayanan
  Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
  Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
  Warnet | 
| 
Membuat desain sistem keamanan jaringan | 
36.  Menentukan
  jenis-jenis keamanan jaringan 
37.  Memasang
  firewall 
38.  Mengidentifikasi
  pengendalian jaringan yang diperlukan  
39.  Mendesain
  sistem keamanan jaringan | 
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
  Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
  Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
  Warnet | 
| 
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis
  luas (Wide Area Network) | 
40.  Menjelaskan
  langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan 
41.  Melakukan
  perbaikan koneksi jaringan 
42.  Melakukan
  setting ulang koneksi jaringan 
43.  Memeriksa
  hasil perbaikan koneksi jaringan | 
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
  Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
  Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
  Warnet | 
| 
Mengadministrasi server dalam jaringan | 
44.  Memilih
  aplikasi untuk server 
45.  Memilih
  sistem operasi untuk jaringan 
46.  Memilih
  komponen server 
47.  Menetapkan
  spesifikasi server 
48.  Membangun
  dan mengkonfigurasi server 
49.  Menguji
  server 
50.  Memonitor
  kinerja jaringan | 
·         Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
  Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
  Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
  Warnet | 
| 
Merancang bangun
  dan menganalisa Wide Area Network | 
51.  Mengkonfirmasi
  kebutuhan klien dan perangkat jaringan 
52.  Meninjau
  masalah keamanan 
53.  Memasang
  dan mengkonfigurasi produk dan perangkat gateway 
54.  Mengkonfigurasi
  dan menguji titik jaringan 
55.  Mengimplementasi
  perubahan | 
·        
  Ikut Membantu dalam Pelayanan
  Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
  Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
  Warnet | 
| 
Merancang web
  data base untuk content server | 
56.  Menentukan
  kebutuhan sistem 
57.  Menentukan
  prosedur recovery  
58.  Merancang
  arsitektur basis data 
59.  Mengklasifikasikan
  penggunaan basis data. | 
·         Ikut Membantu dalam Perawatan, Pengecekan,
  penambahan, dan perbaikan pada WEB Badan Usaha Tersebut, Baik dari Segi
  Desain, Domain, Hosting,dll | 
            
2.     Multi
Media (072)
>>
Spesial Untuk Jurusan Multimedia akan ada pengenalan Software-Software lain
yang sering digunakan untuk pembuatan Produk Media oleh Badan Usaha/Perusahaan
Tersebut, Yaitu :
| 
NO | 
KETERANGAN SOFTWARE | 
SUDAH TAHU/ 
BELUM TAHU | 
SUDAH TAHU/ 
BELUM TAHU | 
SUDAH TAHU/ 
BELUM TAHU | 
SUDAH TAHU/ 
BELUM TAHU | |
| 
WEB DEVELOPMENT |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web dengan Ms. Publisher |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web dengan WPM |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web dengan EES |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web dengan WebKitPlus |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web dengan Web exe |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web dengan  Expression web design menu |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web dengan Atrise web design HTMLock |  |  |  | |||
| 
Pembuatan WEB berbasis CMS (Content Management System) : 
o   WordPress,
  Jommla!,Mambo, Drupal, Typo3,e107, Dll |  |  |  | |||
| 
Program Tambahan : 
o   Sigma visual
  ajax GUI builder, Free colored scrollbar, AAA Web album, Coffe cup free HTML
  editor, Java Script, MySQL, PHP, HTML, Dll |  |  |  | |||
| 
Pembuatan Web Online 
o  Dll 
Pembuatan Blog Online 
>  Astalog.com, www.Blogger.com,  Wordpress.com, Livejournal.com, Blog.com, Comluv.com, Blogs.ie,
  Blogsome.com,  Blogdrive.com , Instablogs.com, www.Atom5.com, www.Vox.com, Blogmas.com, www.Blognow.com.au, www.Bravenet.com , www.zoomspace.com, 360.yahoo.com, www.weebly.com, tooum.com, www.terapad.com, www.squarespace.com, www.soulcast.com, www.shoutpost.com, www.opendiary.com,
  www.netcipia.com , multiply.com, www.etribes.com ,
  clearblogs.com,  www.blogyx.com, www.Blogster.com, www.Blogr.com, Edublogs.org, Blogetery.com, www.Wordcountjournal.com , www.Trippert.com, www.Freevlog.org, www.Busythumbs.com, www.Blogcheese.com.,
  www.greatestjournal.com, www.Akopo.com, Zorpia.com, Mytypes.com, my.Opera.com , www.Blogates.co, A- blogger.com, Plinplan.net, Weblogs.web.id,
  Ayongeblog.com, Blogdetik.com, Dagdigdug.com, Dll 
Pembuatan Forum Online,
  Jejaring Sosial & Program Pendukungnya 
o   IndonesianForum.net/Forumotion.com,  Createmybb3.com, Smfnew.com, Freesmfhosting.com,  Forumup.com, Nabble.com, Etano, Pointter, Grou.ps 
o   Program
  Pendukung lainny : 
1024, Affinity
  Circles –AIOCP, Altrasoft E-Friends, BCOOS BitWeaver, Blogtronix, CMS Made SimpleCollective, Content Now, Converdge, CrowdVine, Crowd Factory, Dolphin, DragonFly CMS, DrBenHur Drupal, DZOIC Handshakes e107, Easy Portal, Elgg, Elxis, Etomite, Exponent CMS, EXV2, EZPublish, Fundanemt, FuzzLime, GeekLog, GoingOn, GoLightly, GoLightly Plus, iGaming CM, SInsane Visions, Intro Networks, Jaws Projects, Joomla, Jupiter Portal, KickApps, Kwiqq Social Website Builder, Leverage, Software, Lithium, LiveWorld, Mambo, MaxDev, Me.com, ModX CMS, MiPhoto, Neighborhood America –Netious, Ning, Omnifuse, OneSite, Ovidentia, People Aggregator, Pheap, PHPFpx, PHP Fusion, PHP Nuke, PHPCMS, PHPizabi, PHP Web Site, Pligg, Pluck, Plume Content Management, PostNuke CMS, Pringo, Prospero, Run CMS, Select Minds, SilverStripe, Small World Labs, Social Platform, Sparta Social Networks, Spip, Telligent Community Server 2007, The Port Social Media Site, TikiWiki, Toenda, Typo3, TypoLight, Village Engine, Web Crossing, |  |  |  | |||
| 
MULTIMEDIA DEVELOPMENT |  |  |  | |||
| 
Macromedia Flash |  |  |  | |||
| 
Sothink EES SWF |  |  |  | |||
| 
Decomplier |  |  |  | |||
| 
Adobe Flash CS |  |  |  | |||
| 
3D max |  |  |  | |||
| 
2D animatior |  |  |  | |||
| 
3D animator |  |  |  | |||
| 
Xara 3D |  |  |  | |||
| 
Swish max |  |  |  | |||
| 
Adobe after effect |  |  |  | |||
| 
Auto run / auto play |  |  |  | |||
| 
Avid Free DV |  |  |  | |||
| 
Zolopages |  |  |  | |||
| 
Emule ultra accelerator |  |  |  | |||
| 
Dan Program pendukung lainnya |  |  |  | |||
| 
GAME DEVELOPMENT |  |  |  | |||
| 
Game creator |  |  |  | |||
| 
3D game studio |  |  |  | |||
| 
Game discovery |  |  |  | |||
| 
Adventure game studio |  |  |  | |||
| 
R.P.G maker vx |  |  |  | |||
| 
Jump craft |  |  |  | |||
| 
Krita |  |  |  | |||
| 
Macromedia Flash |  |  |  | |||
| 
Unity 3D |  |  |  | |||
| 
Dan Program pendukung lainnya |  |  |  | |||
| 
AUDIO VISUAL DEVELOPMENT |  |  |  | |||
| 
Fruity loop |  |  |  | |||
| 
Band inbox |  |  |  | |||
| 
Adobe audition |  |  |  | |||
| 
Avid Free DV |  |  |  | |||
| 
Sonic video editing |  |  |  | |||
| 
Sony vegas |  |  |  | |||
| 
Adobe after effect |  |  |  | |||
| 
Sonic video editing |  |  |  | |||
| 
Ulead editing video |  |  |  | |||
| 
Cool Edit Pro |  |  |  | |||
| 
Dan Program pendukung lainnya : 
Amadeus Pro, Ardour, Audacity, Audiobook Cutter Free Edition, Audio Editor Gold, Audio Dementia, AudioLab[1], Audio Cleaning Lab[2],  
Creative Wavestudio, Diamond Cut DC7, Ecasound, Freecycle, Fast Edit, Fission, FlexiMusic Wave Editor, Goldwave, Jokosher, LMMS,  
Media Digitalizer, Mp3splt, MusE, Aviary Myna, n-Track Studio, NU-Tech, Pro Tools, Pyramix, Qtractor, QuickAudio, Reaper[5], ReZound |  |  |  | |||
| 
Media and Advertising |  |  |  | |||
| 
Adobe photoshop |  |  |  | |||
| 
Ulead editing photo express |  |  |  | |||
| 
Corel Draw |  |  |  | |||
| 
Wax |  |  |  | |||
| 
Zwei stein |  |  |  | |||
| 
Paint net |  |  |  | |||
| 
Art weaver |  |  |  | |||
| 
Photo Plus SE |  |  |  | |||
| 
Photo filtre |  |  |  | |||
| 
Paint star |  |  |  | |||
| 
Pixen |  |  |  | |||
| 
Ink Scape |  |  |  | |||
| 
Seashore |  |  |  | |||
| 
Dan Program pendukung lainnya |  |  |  | |||
| 
PENGENALAN TAMBAHAN: 
o   Penerimaan Tamu 
o   Ikut Menjadi STAFF TEKNISI/STAFF Marketing di
  PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC 
o   Marketing Secara Online 
o   Membandingkan komponen PC dan LAPTOP 
o   Pengenalan BISNIS ONLINE 
o   Pembuatan Video Iklan Untuk Sponsor 
o   Pembuatan Video Profil masing-masing peserta PKL |  |  |  | 
SEKILAS Kegiatan/Pekerjaan Selama
Prakerind di Bidang/ JURUSAN Multimedia :
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan web,
meliputi:
·        
Desain dari berbagai
Program
·        
Proses HOSTING dan
Domain 
·        
Perawatan/Optimalisasi
WEB
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan media
pembelajaran, meliputi:
·        
Desain, Lay Out,
Editing Musik, Revisi
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan game
media interaktif
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan GAME
Petualangan Umum
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan Blog
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing
foto
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing
video
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan editing
music
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain
spanduk, sticker, dan pin
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain
lay out buku
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan pesanan desain
cover, dll
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Game Edukasi
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Forum/Jejaring
Sosial
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Toko Online
·         Melihat dan membantu dalam pembuatan Company Profile
·         Membantu dalam Pengambilan gambar/Shooting Video Untuk
Keperluan media, dll
·         Membantu dalam penerimaan tamu
·         Membantu dalam Inventarisasi barang-barang
·         Marketing Online dan Offline
·         Pembuatan Brosur Iklan, Desain Untuk Keperluan
Marketing/Pemasaran, dll
·         Melihat dan membantu dalam Konsultasi dengan
Tamu/Pemesan/Pelanggan
·         Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
·         Dan kegiatan/kerjaan lainnya
PERBANDINGAN / KESESUAIAN
INFO SEKILAS UNTUK
PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN KD PIHAK SEKOLAH
| 
STANDAR KOMPETENSI | 
KOMPETENSI DASAR | 
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA | 
| 
Memahami etimologi multimedia | 
1.1      Mendeskripsikan tentang multimedia 
1.2      Menjelaskan multimedia content
  production 
1.3      Menjelaskan multimedia communication | 
·        
  Ikut Membantu dalam Penerimaan
  Tamu Untuk Pelayanan ke Pelanggan mengenai Multimedia, Pesanan Media
  Pembelajaran, Pesanan Web, Pesanan Game, Pesanan Animasi, Kartun, Desain,
  Editing Audio Video, dll | 
| 
Memahami alir proses produksi produk multimedia | 
2.1          Menjelaskan proses pre production multimedia 
2.2          Menjelaskan proses production multimedia 
2.3          Menjelaskan proses post production multimedia | 
·        
  Ikut Membantu dalam
  Perancangan  Desain, Ide/Inisiatif dalam Pembuatan Pesanan Multimedia (
  Pesanan Web, Kuis Interaktif, Blog, Editing Video, Animasi, Kartun, Game,
  Media Pembelajaran, Company Profile, Pemilihan Domain dan Hosting , Aneka
  Desain Kaos, Jaket, Spanduk,dll)  | 
| 
Merawat peralatan multimedia | 
3.1         Menjelaskan
  langkah-langkah perawatan peralatan multimedia 
3.2         Melakukan perawatan
  peralatan multimedia 
3.3         Membuat kartu perawatan peralatan
  multimedia | 
·        
  Ikut Membantu dalam Perawatan
  setiap harii, meliputi Pengontrolan, pembersihan peralatan,pengecekan,dll | 
| 
Mengelola isi halaman web | 
4.1         Memeriksa informasi
  untuk relevansi dan currency 
4.2         Memeriksa links dan navigasi 
4.3         Mengedit informasi
  sesuai kebutuhan 
4.4         Menguji dan
  memastikan perubahan perubahan | 
·        
  Ikut Membantu dalam Pembuatan
  pesanan WEB, baik desain, isi, sampai ke proses Domain dan Hosting. | 
| 
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi | 
5.1         Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera
  video 
5.2         Mengoperasikan kamera video 
5.3         Mengisi dan merawat battery
  selama pengambilan gambar 
5.4         Mengoperasikan kamera 
5.5         Menata
  kabel-kabel kamera 
5.6         Mengoperasikan clapper board | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  /Pengambilan VIDEO untuk Company Profile, Untuk Keperluan pembuatan WEB,
  Untuk Keperluan Pesanan Media Pembelajaran 
·        
  Ikut Membantu dalam Editing
  Video dan Audio nya 
·        
  Ikut Membantu dalam Perancangan
  Video bersama staff/Karyawan | 
| 
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual
  untuk multimedia | 
6.1           
  Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana) 
6.2           
  Membuat sketsa 
6.3           
  Menggambar perspektif 
6.4           
  Menggambar objek 
6.5           
  Menggambar ilustrasi | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi tingkat lanjutnya. | 
| 
Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi | 
7.1         Menjelaskan syarat
  animasi 
7.2         Membuat gambar kunci 
7.3         Mengatur dan
  melengkapi gambar kunci | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi tingkat lanjutnya. Pembuatan animasi biasanya diperlukan untuk
  pesanan pembuatan kartun edukasi, kartun untuk company profile, web dan media
  pembelajaran | 
| 
Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip | 
8.1           
  Mendeskripsikan gambar yang asli 
8.2           
  Membuat gambar-gambar asli 
8.3           
  Mendeskripsikan gambar tiga dimensi 
8.4           
  Membuat gambar tiga dimensi | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi 3D dengan Penambahan dan pengenalan program/software, seperti : 3D
  max, XARA 3D, Macromedia Flash, Adobe After Effect,dll | 
| 
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) | 
9.1           
  Mendeskripsikan syarat-syarat animasi 
9.2           
  Membuat model warna dan tempat warna | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi tingkat lanjutnya. | 
| 
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia | 
10.1         Menggunakan software teks multimedia 
10.2         Mendesain teks
  multimedia | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game,  web,
  dan company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi tingkat lanjutnya. | 
| 
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia | 
11.1         Mengedit gambar
  digital 
11.2         Menggunakan
  software grafik multimedia
  2D 
11.3         Menciptakan
  design grafik Multimedia 2D 
11.4         Menampilkan karya
  seni digital 2D | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi tingkat lanjutnya. | 
| 
Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian
  multimedia | 
12.1         Menggunakan kamera
  digital 
12.2         Menggabungkan foto
  digital ke dalam rangkaian multimedia 
12.3         Menciptakan susunan
  karya seni foto digital dan grafik 2D | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pesanan
  editing FOTO pernikahan, baik secara desain asli maupun desain manipulasi
  Adobe Photoshop, Corel Photo Paint | 
| 
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia | 
13.1         Menjabarkan format
  audio digital 
13.2         Menggunakan software
  audio digital 
13.3         Merancang audio
  digital 
13.4         Membangun track
  audio digital | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  editing audio, program yang sering digunakan:adobe audition, band in box,
  beatcraff,organ digital, fruityloop,cool edit pro,dll | 
| 
Membuat story board aplikasi multimedia | 
14.1         Mengidentifikasi
  kebutuhan  
14.2         Merencanakan alur
  isi story board 
14.3         Medeskripsikan
  proses pelaksanaan dalam story board | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain
  baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out,
  desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi tingkat lanjutnya. | 
| 
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya | 
15.1         Menjelaskan dasar
  tata cahaya 
15.2         Menjelaskan efek
  cahaya 
15.3         Menyiapkan operasi lighting | 
·        
  Ikut Membantu dalam editing
  Video 
·        
  Ikut Membantu dalam editing
  Foto | 
| 
Menerapkan efek khusus pada objek produksi | 
16.1         Mengidentifikasikan
  materi penunjang efek khusus 
16.2         Menginstallasi software efek khusus 
16.3         Membuat efek khusus
  pada obyek | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
  pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
  company Profile 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  animasi tingkat lanjutnya. | 
| 
Menyusun proposal penawaran | 
17.1     Menganalisa syarat-syarat proyek 
17.2     Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai
  dengan persyaratan laporan 
17.3     Membuat rancangan biaya-biaya dan
  sumber-sumber yang ada 
17.4     Membuat proposal 
17.5     Membuat pengajuan permohonan tender | 
·        
  Ikut Membantu dalam pembuatan
  proposal proyek ke Perusahaan / Instansi dalam penyebaran untuk keperluan
  Marketing. 
·        
  Ikut Dalam Peninjauan/Menemui
  Pelanggan untuk penawaran pengajuan Proposal | 
FORMULIR PENDAFTARAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN /PRAKTEK DUNIA USAHA/PRAKTEK KERJA INDUSTRI
MELALUI SIC
A.    
IDENTITAS PESERTA
·             NAMA                                          
·             JENIS
KELAMIN                
                               
·             TTL                                              
     
·             AGAMA                                       
 
·             ALAMAT
LENGKAP                      
·             NO
HP PESERTA
                         
·             NIS
/ NIM                                        
·             NAMA
SEKOLAH/UNIVERSITAS               
        
·             ALAMAT
SEKOLAH/UNIVERSITAS
           
·             PROGRAM
KEAHLIAN PESERTA 
·             EMAIL
& FACEBOOK                   
B.    
PEMBIMBING/PENANGGUNGJAWAB PKL/PDU/PRAKERIND
o  NAMA                    
               
o  NIP                                     
o  NO
HP/TELP                       
o  ALAMAT LENGKAP 
  C.    IDENTITAS ORANGTUA PESERTA
o   NAMA
AYAH   :
                            
 i.     
PEKERJAAN         
                             
ii.      UMUR/USIA      
o   NAMA
IBU       :
                             
i.      PEKERJAAN         
                             
ii.      UMUR/USIA      
o   NO
HP/TELP                                   
o   ALAMAT
LENGKAP             
 D.    
LAIN-LAIN
·        
Sebutkan Sakit yang
pernah dialami anda :
......................................................................
......................................................................
......................................................................
·        
Apakah anda bisa
mengendarai Sepeda Motor dengan benar ? ( Sudah  / Belum )
·        
Apakah anda sudah
memiliki SIM ? ( Sudah  / Belum )
·        
Sebutkan Organisasi
yang sudah pernah anda ikuti  ...............................................................
·        
Berapa jumlah saudara
dalam keluarga anda? ( ........................... )
·        
Apakah anda memiliki
Laptop (Notebook)/ Netbook ? ( Ya  / Tidak )
·        
Apakah anda memiliki
kamera digital / Handycam ? (Kamera Digital  /  Handycam  /
Tidak Punya )
TAMBAHAN UNTUK
PESERTA PKL/PRAKERIND
1.    TULISKAN
MATERI DAN PRAKTEK JURUSAN MULTIMEDIA / JURUSAN TEKNIK  KOMPUTER  DAN
JARINGAN SELAMA DISEKOLAH / Universitas ANDA
a.      (misal)
Macromedia Flash
b.      (misal)
Perakitan Komputer
c.       …………………………………………………………….
d.      …………………………………………………………….
e.      …………………………………………………………….
f.        …………………………………………………………….
g.      …………………………………………………………….
h.      …………………………………………………………….
i.        …………………………………………………………….
j.        …………………………………………………………….
k.       …………………………………………………………….
l.        …………………………………………………………….
m.    …………………………………………………………….
n.      …………………………………………………………….
o.      …………………………………………………………….
2.   Sebutkan
Keterampilan / Skill yang sudah anda kuasai sampai saat ini (Jurusan Multimedia
& Teknik Komputer dan Jaringan )
a.            …………………………………………………………….
b.            …………………………………………………………….
c.             …………………………………………………………….
d.            …………………………………………………………….
e.            …………………………………………………………….
f.              …………………………………………………………….
3.    Sebutkan
Hobi yang anda sukai selama ini
a.     
…………………………………………………………….
b.     
…………………………………………………………….
c.      
…………………………………………………………….
4.    Sebutkan 
Cita-cita anda setelah lulus Sekolah / Kuliah
a.     
…………………………………………………………….
b.     
…………………………………………………………….
c.      
…………………………………………………………….
 5.   Apakah
yang anda inginkan selama PKL/Prakerind berlangsung? (Lingkari yang anda
inginkan)
1)  SERTIFIKAT/PIAGAM PENGHARGAAN
2)  Dibantu Pembuatan Laporan PKL/ Prakerind oleh Pihak SIC
3) Ikut Berbagai Pelatihan Gratis di SIC Bidang Multimedia dan Komputer
sebagai Bekal sambil menerapkan di badan Usaha/Tempat Usaha yang disediakan
oleh PIhak SIC
4)  Tuliskan lagi keinginan anda :
o   
.......................................................................................................................
o   
............................................................................................................................
o   
............................................................................................................................
·    FORMULIR DAN KETENTUAN INI
DICOPY SEBANYAK 4X , Diberikan kepada :
1.      Pihak Sekolah
2.      Pihak Keluarga
3.      Pihak Peserta PKL
4.     
Pihak SIC
Yogyakarta, ................................
Pihak Sekolah                                                                                    Pihak
Peserta
..............................                                                                   
................................
Pihak Keluarga                                                                                       Pihak
SIC
................................                                                                  
................................
 


0 komentar:
Posting Komentar