INFORMASI BANTUAN GRATIS
14 (EMPAT BELAS) TEMPAT
PKL/PRAKERIND
UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA DAN TKJ
(TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN)
DI DAERAH YOGYAKARTA
A. Pendahuluan
a. Latar Belakang
Sesuai dengan
kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa
yang siap pakai di masyarakat. Di dalam
kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa
diharuskan mengikuti dan melaksanakan PKL/Prakerin antara lain : Ketentuan
Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan
pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi
dan Misi SMK.
Beberapa
siswa peserta Prakerin ada yang memilih tempat Prakerin yang dipilihkan pihak
Sekolah, ada yang mencari sendiri, dan sebagainya. Banyak siswa peserta
Prakerin yang mengalami permasalahan seperti :
1.
Kesusahan
dan bingung untuk mencari tempat Prakerin sendiri
2.
Tempat
Prakerin yang kurang cocok/tidak cocok dengan jurusannnya
3.
Kebingungan
mencari Kost/Tempat tinggal sementara jika dari luar daerah
4.
Banyak
siswa peserta Prakerin yang disepelekan
5.
Banyak
siswa peserta Prakerin yang nganggur di jam kerja karena tidak diberi
kesempatan ikut dalam kerja secara real/nyata
6.
Dan
sebagainya
Dengan adanya kasus/permasalahan
di atas, maka kami dari SIC, Yaitu ORGANISASI Persahabatan Mahasiswa
antar Universitas se-DIY (Mahasiswa dari UGM, UNY, UIN, UAD, UTY, AMIKOM,
AKAKOM, RESPATI, UST, dan UII, memberikan BANTUAN GRATIS untuk siswa peserta
Prakerin dalam :
1)
Menyediakan
Tempat Prakerind/PKL/PDU dengan kerjasama dengan 14 Badan Usaha yang bisa untuk peserta PKL/Prakerind Jurusan MULTIMEDIA &
TKJ
2)
Pelatihan
GRATIS untuk pembekalan sebelum diterjunkan
ke tempat Prakerin. Dengan waktu menyesuaikan pesertanya, biasanya Pelatihan
Normal diadakan 3 hari sampai 5 hari , Pelatihannya meliputi Pelatihan Jurusan
Multimedia dan TKJ (Teknik Komputer & Jaringan), DAFTAR PELATIHAN nya di LAMPIRAN
1
3)
Kost Gratis di SIC, Namun Tempat Terbatas dan harus
mengikuti Aturan yang ada di dalam SIC, Jika Kost di SIC juga akan mendapatkan
FASILITAS Tambahan yaitu :
·
Kost Gratis (Tidak Dikenakan Biaya Sepeserpun)
·
Listrik GRATIS
·
Internet Gratis 24jam Nonstop
·
Bagi Peserta PKL / Peserta Prakerind yang tidak
memiliki NOTEBOOK(LAPTOP) / NETBOOK, BOLEH Pinjam
Pihak SIC Secara GRATIS
·
Bisa Pinjam HANDYCAM Gratis Untuk Keperluan
Dokumentasi Bersama
·
Bisa Ikut PELATIHAN TAMBAHAN secara detail lagi
untuk Jurusan/Bidang Multimedia dan TKJ
·
Dan Fasilitas lainnya.
4)
Bantuan
Tambahan :
·
Dibantu
dalam pembuatan LAPORAN Prakerin
·
Bagi
Siswa kurangmampu akan ada bantuan biaya Hidup.
·
Jika
Tidak Mendapatkan KOST GRATIS Di SIC, Maka Pihak SIC bisa membantu Mencarikan KOST Yang Dekat/Sekitar Tempat PKL
yang di Tuju sesuai dengan keinginan masing-masing Anak PKL/Anak Prakerind
b. Sekilas Tentang SIC (Source of Inspiration Club), Klub
Persahabatan Mahasiswa antar Universitas
SIC (Source of Inspiration Club), merupakan Organisasi
/ Klub Persahabatan Mahasiswa antar Universitas, Mahasiswa yang telah bergabung
di SIC meliputi mahasiswa UGM, UNY, UIN, UAD, UTY, UII, UPN, AMIKOM, AKAKOM,
dan RESPATI. SIC memiliki 5 Bidang Program Kerja yaitu :
1. Bidang Pendidikan
dan Pelatihan
2. Bidang Dana Usaha
3. Bidang Sosial dan
Kerohanian
4. Bidang Humas dan Pengkaderan
5. Bidang Informasi
dan Penerbitan
Bantuan GRATIS untuk siswa/mahasiswa peserta PKL/
PRAKERIND/PDU yaitu di ( Bidang Sosial & Kerohanian) dan
(Bidang Pendidikan & Pelatihan). Info secara lengkap mengenai SIC
dari segi : Visi Misi, Tujuan, Peraturan, Bidang-Bidang, dan lainnya secara
detail silahkan BUKA : www.my-sic.org
Alamat Lengkap :
1.
Kantor SIC Pusat :Jalan RingRoad Utara, Sanggrahan Rt 08/ Rw 10, Condong
Catur, Depok Sleman Yogyakarta. (depan POLDA DIY)
2.
Kantor SIC Gejayan :Jalan Matahari CTX36C, Deresan, Gejayan, Yogyakarta
(dari jalan Gejayan masuk gang bakung sampai perempatan pertama)
c. Tujuan Membantu
Gratis dalam Penerimaan PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa
SIC khususnya Bidang BSK ( Bidang
Sosial & Kerohanian) memiliki program kerja Bantuan GRATIS di Bidang
PKL/Prakerind/PDU untuk Siswa dan Mahasiswa dari berbagai sekolah /
Universitas.Tujuan
SIC menerima PKL/Prakerind/PDU Bagi Siswa :
1) Membantu dan
mempermudah siswa/mahasiswa untuk mencari tempat PKL / Prakerind/PDU
2) Membantu siswa/mahasiswa
mengenalkan dunia usaha
3) Membantu siswa/mahasiswa
mendalami kembali materi dan praktek yang sudah diterapkan di Sekolah/Universitas
masing-masing
4) Membantu dan
membimbing siswa untuk mengenalkan dunia kampus/ dunia kuliah
5) Membantu siswa yang
berminat untuk meneruskan ke tingkat Kuliah
6) Membantu siswa dalam
penempatan kerja setelah siswa/mahasiswa lulus sekolah/kuliah
B. Alur Kegiatan PKL /
Prakerind Melalui SIC
1.
DAFTAR dulu dengan mengisi Formulir (Formulir Bisa Di Download/Copy)
2.
Mengembalikan Formulir ke SIC
3.
Pelatihan GRATIS selama 3-5 Hari terlebih dahulu,
meliputi :
a. Pelatihan menerima
tamu ( 1 - 2 Jam)
b. Pengenalan Badan
Usaha/Profil Badan Usaha nya (profil,staff karyawan,daftar harga,peraturan,dll
c. Berbagai Pelatihan
GRATIS untuk Memantapkan Penerapan Di Badan Usaha di Bidang TKJ / TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN
dan Bidang Multimedia: ( selama
3-5hari, Setiap Pertemuan 2-5 Jam , Sesuai Dengan Kondisi Peserta PKL, Ada Jam
Istirahat), Untuk Daftar PELATIHAN GRATIS nya Silahkan Bisa Lihat Di LAMPIRAN
1.
4.
Langkah Selanjutnya adalah Pelatihan Gratis Tentang
Motivasi, Kedisiplinan, Kerjasama, Kebersihan, Tanggungjawab, Percaya Diri,
Kemandirian, Kreatifitas, Inisiatif, dll ( 2 Jam )
5.
Langkah Selanjutnya Penempatan ke TEMPAT PKL/ Badan
Usaha Yang Sudah Dipilih Setiap Peserta Di Awal Masuk, (Boleh Memilih Maksimal
2 Tempat), Pilihannya adalah :
Pilihan Tempat PKL/Prakerind
|
Perkiraan Kapasitas
|
Centang Yang Anda Pilih (Pilihan 1)
|
SIC Multimedia
Super Production
Herro Notebook Center
KJ Computer
Buana Computer
Spectra Computer
ITC Computer
Auditama Computer
Rajawali
Plototten
Sg Computer
KOTAKOM
Bismar Computer
Resentika Computer
|
20
10
10
10
10
6
6
10
6
6
6
10
6
10
|
>> Untuk Info Lengkap Profil Perusahaan Tersebut, Visi Misi, NPWP,
SIUP,Tempatnya, Aturannnya, dll, Serta BIDANGnya Bisa Tanyakan Langsung ke
PIHAK SIC/Menemui Tempatnya Harus Bersama pihak SIC
6. Setiap Malam Ada Evaluasi Bersama
, Untuk Kumpul Bersama dengan Teman-teman/ Anak PKL yang Lain ( 1-2 Jam)
membicarakan dan Sharing Apa saja yang sudah dilakukan dan menyusun rencana
positif untuk memaksimalkan masa PKL /Prakerind . Bisa Dengan Cara Sharing
Lewat SMS/Chatting/Kumpul Bersama di Ruangan pertemuan SIC.
7. Di Hari Minggu/Hari Libur,
diadakan REKREASI Bersama Untuk Refreshing, Pilihan yang biasa dilakukan
adalah: Futsal Bersama, Renang , Badminton, Ke Pantai, Studio Karaoke, Studio
Musik, Mancing, Makan-Makan, dan Jalan-Jalan Ke Tempat Rekreasi di Sekitar
Yogyakarta, dll (Pilihan Rekreasi Bersama Dipilih Secara Musywarah Bersama,
Bagi Yang Tidak IKUT Juga Boleh)
C. TAMBAHAN :
Ø
Untuk Melihat & Menghubungi 14 Tempat Usaha/Badan
Usaha diatas silahkan bisa
Ø
menghubungi Pihak SIC terlebih dahulu
Ø
Info Lengkap Bisa SMS/TELP : Telp.(0274)6411735 / Hp
:081804075713
D.
Perlu diperhatikan Pada saat PKL/Prakerind di Tempat usaha/Badan usaha
Tersebut, setiap Peserta harus :
·
Berpakaian rapi dan sopan, menggunakan Hem/Kemeja dan
celana panjang
·
Bersepatu/sandal sepatu
·
Tidak Merokok diruangan
·
Tidak boleh memakai HP (HP dimatikan/silent) pada saat
diberi Pengarahan selama Jam Kerja. Boleh menggunakan HP pada saat
istirahat/diluar jam kerja/Jika Ada SMS/TELP penting Bisa Ijin Untuk Menerima
Telp/Balas SMS.
·
Jam Kerja di setiap badan usaha kira-kira 6 - 8 jam
untuk Peserta PKL setiap harinya ( ada yang masuk jam 07.00 sampai jam 16.00,
ada yang masuk jam 09.00 sampai jam 17.00, ada yang masuk jam 09.00 – 21.00,
dan Jadwal Jam BISA Pilih Bisa Ikut Yang Per SHIFT PAGI, SHIFT Siang, SHIFT
Malam )
LAMPIRAN 1
DAFTAR PELATIHAN GRATIS UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND
SEBELUM DITERJUNKAN KE PERUSAHAAN/BADAN USAHA
SELAMA 3-5 HARI
·
Bidang Teknik Komputer &
Jaringan
1. Pelatihan Perakitan
Komputer Minimal 20 x Perakitan dengan Versi Yang Berbeda
2.
Pelatihan Bongkar Pasang Laptop Minimal 10x Bongkar
Pasang Laptop dengan Merk
3.
Berbeda.
4. Pelatihan Setup BIOS
PC & Laptop Semua Merk
5. Pelatihan Installasi
Windows XP, 7, dan Berbagai Linux ( Mandriva, U-Buntu, Fedora, dll)
6. Pelatihan Basmi Virus
dengan Anti Virus
7. Pelatihan Pengenalan
Membuat VIRUS Sendiri
8. Pelatihan Basmi Virus
TANPA ANTIVIRUS
9. Pelatihan Optimalisasi
LAPTOP & PC
10. Pelatihan Perawatan
Laptop dan PC
11.
Pelatihan SERVICE LAPTOP DAN PC ( baik software
maupun hardware ) Semua Komponen PC
12. & Laptop
13. Pelatihan Pemasangan
Jaringan WARNET
14.
Pelatihan Tambahan Lainnya : (Seperti : Mengembalikan
data yang hilang, overClock, Tips
15. Beli Laptop yg Bagus
dan Original, dll)
·
Bidang Multimedia
1.
Pelatihan Pembuatan Web Online dengan berbagai program
2.
Pelatihan Pembuatan Blog dengan berbagai variasi
3.
Pelatihan Editing Video dan Audio
4.
Pelatihan Pembuatan GAME
5.
Pelatihan Pembuatan Animasi Kartun
6.
Pelatihan Desain Segala Desain ( Jaket, Kaos, Pin,
Sticker, Spanduk, Buku, cover, foto,dll)
7.
Pelatihan Aransemen Musik
8.
Pelatihan Pengambilan Gambar/ Shooting Video
9.
Pelatihan Pembuatan Company Profile dengan berbagai Program
10.
Pelatihan Animasi, Kuis Interaktif, Media
Pembelajaran, Forum/Jejaring Sosial
11.
Pelatihan Lainnya ( Bisa Menyesuaikan waktu yang ada)
LAMPIRAN 2
A. Dasar Kompetensi Kejuruan
( MULTIMEDIA DAN TEKNIK KOMPUTER &
JARIANGAN)
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
1. Merakit
personal computer
|
1 Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
2 Melakukan instalasi
komponen PC
3 Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
4 Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan
aktifasi komponen sistem operasi)
5 Menyambung periferal menggunakan software
6 Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
|
·
Ikut Membantu dan Melihat Perakitan Komputer Pesanan
·
Ikut Membantu dalam Perakitan Komputer Warnet
·
Ikut Membantu dalam SETUP BIOS PC
·
Bongkar Pasang laptop
·
SETUP BIOS di Laptop
·
Diawal Masuk biasanya ada Pengenalan Komponen PC
& Laptop
·
Pengecekan Hasil Rakitan PC nya
·
Pengecekan Hasil Bongkar Pasang Laptopnya
|
Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
1.
Menjelaskan langkah instalasi
sistem operasi
2.
Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
3.
Mengecek hasil instalasi
menggunaka software
(sampling)
4.
Melakukan troubleshooting
|
·
Ikut Membantu dalam Installasi OS yang meliputi :
Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
· Ikut Membantu dalam
Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·
Ikut Membantu dalam Installasi Program-program yang
sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office 2010, Corel draw, adobe
collection, 3dmax, opera, winamp, dll
|
Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan
lingkungan hidup (K3LH)
|
1
Mendeskripsikan keselamatan dan
kesehatan kerja (K3)
2
Melaksanakan prosedur K3
3
Menerapkan konsep lingkungan
hidup
4
Menerapkan ketentuan
pertolongan pertama pada kecelakaan.
|
·
Pemakaian Alat bantu kontrol agar aman dalam
Perakitan PC
|
B. KOMPETENSI KEJURUAN
1.
Spesial Teknik Komputer dan Jaringan (071)
>>
Sekilas KERJAAN yang Ada Di JURUSAN TKJ/TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Di Badan
Usaha / Perusahaan
NO
|
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
|
SUDAH PERNAH/
BELUM
|
||
Pengenalan Komponen
Hardware pada PC
|
||||
Pengenalan Komponen
Hardware pada Laptop
|
||||
Perakitan Komputer
/ PC
|
||||
Perakitan LAPTOP
(bongkar pasang)
|
||||
Installasi Operasi
System :
· DOS,
Windows XP SP1, SP2,SP3, Black Edition, Windows Vista, Windows 7, Linux ,
dengan berbagai macam versi :( Linux 2.2, Linux 2.4, Linux 2.6, Arch
Linux, Debian, Mandriva, OpenSUSE, Fedora, Gentoo, Kubuntu, Red Hat,
Turbolinux, Ubuntu, Xandros, Oracle, Dll
|
||||
Installasi Driver
Motherboard PC, Driver Laptop, yang meliputi driver : (Wlan, CCD_Bison,
Modem_Conexant, LaunchManager, VGA, CCD_Suyin, Touchpad, Synaptics,
CardReader, Audio, Lan_Broadcom, Finger_print, Chipset, Dll
|
||||
Installasi Software-software
umum yang sering dipakai untuk keperluan :
o Optimalisasi, Reset Software, Browsers
and Plugins, File
Sharing, Messaging
and Chat, File
Transfer, Office and
News, Developer
Tools, Anti-Malware, Firewalls and Security, System
Tuning, Compression
and Backup, Networking
and Admin, Audio and
Video, CD and DVD
Tools, Desktop, Photos and
Images, Drivers, Dll
|
||||
Optimalisasi dan
Perawatan PC/Laptop
|
||||
Pengecekan
Kerusakan pada PC
Troubleshooting Motherboard,
Troubleshooting
Power Supply,
Troubleshooting
Keyboard,
Troubleshooting
Floppy Disk Drive & Hardisk
|
||||
Pengecekan
Kerusakan pada Laptop
|
||||
SERVICE pada PC
|
||||
SERVICE pada Laptop
|
||||
Pengenalan Jaringan
Komputer
|
||||
Perawatan Periferal
o Monitor, Keyboard, Mouse,
Printer, Fan, Dll
|
||||
Service Periferal
|
||||
Setting Ulang
Sistem PC
|
||||
30.
30.
7.
|
PENGENALAN TAMBAHAN:
o Penerimaan Tamu
o Ikut Menjadi STAFF
TEKNISI/STAFF Marketing di PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
o Marketing Secara
Online
o Pembuatan WARNET
(diikutsertakan dalam proses pembuatan WARNET)
o Membandingkan
komponen PC dan LAPTOP
o Pengenalan BISNIS
ONLINE
|
TAMBAHAN Kegiatan/Pekerjaan Selama Prakerind di Bidang TKJ dan Digital Printing:
·
Melihat dan membantu dalam SERVICE Laptop dan PC
·
Melihat dan membantu dalam Setup Bios
·
Melihat dan membantu dalam Installasi Windows Xp, 7
Linux
·
Melihat dan membantu dalam Perakitan Komputer
·
Melihat dan membantu dalam Bongkar Pasang Laptop
·
Melihat dan membantu dalam pembuatan Toko Online Untuk
Toko tersebut
·
Marketing Online dan Offline
·
Melihat dan membantu dalam Konsultasi dengan
Tamu/Pemesan/Pelanggan
·
Membantu dalam Service Monitor, Laptop, PC, Modem, Mp3
Player,Tablet PC, dll
·
Membantu dalam penerimaan tamu
·
Membantu dalam Inventarisasi barang-barang
·
Antar Jemput Barang-Barang
·
Ikut Dalam Pameran KOMPUTER TERBESAR di Jogja di JEC
·
Pergi Ke Relasi-Relasi , Service Center, dll
·
Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
·
Membantu dalam Pembuatan Blog Online, Company Profile
Badan Usaha/Toko Tersebut.
·
Membantu dalam Pembuatan Brosur Iklan, Desain Untuk
Keperluan Marketing/Pemasaran,
·
dll
·
Membantu dalam Pembuatan PIN, STICKER, CETAK
FOTO, Spanduk,
·
Membantu dalam Pembuatan Desain dan Juga Pembuatan
JAKET, KAOS, Jamper
·
Membantu dalam Pembuatan Spanduk, MUG/Gelas Cantik,
X-Banner, Brosur/Pamflet, Cetak
·
Buku
·
Dan kegiatan/kerjaan lainnya.
PERBANDINGAN
/ KESESUAIAN
INFO
SEKILAS UNTUK PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI
JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN
KD PIHAK SEKOLAH
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
|
1
Menerapkan teori kelistrikan
2
Mengenal komponen elektronika
3
Menggunakan komponen
elektronika
4
Menerapkan konsep elektronika
digital
5
Menerapkan sistem bilangan
digital
6
Menerapkan
elektronika digital untuk komputer
|
·
Diawal Dibantu dalam Pengenalan Komponen pada
Motherboard, Power Suplay, Komponen dalam Laptop, Hardisk,dll
·
Melihat & Membantu dalam Pengecekan Komponen
yang rusak pada PC dan Laptop,
·
Melihat dan Membantu dalam pengecekan komponen
dengan menggunakan alat yang sudah disediakan
|
Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
|
1. Mengidentifikasi macam-macam periferal dan fungsinya
2. Menyambung/memasang periferal
(secara fisik) dan periferal setup
menggunakan software
3. Melakukan tindakan korektif
|
o Ikut Membantu dalam
Installasi OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva,
U-Buntu, Gento, Fedora, dll)
o Ikut Membantu dalam
Installasi DRIVER PC/Laptop (VGA, LAN, Wifi, Audio,dll)
o Ikut Membantu dalam
Installasi Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan,
seperti: Office 2010, Corel draw, adobe collection, 3dmax, opera, winamp, dll
|
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
|
1. Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
2. Mengklasifikasikan
masalah berdasarkan kelompoknya
3. Mengisolasi
permasalahan
|
o Ikut Membantu dalam
Pengecekan PC & Laptop
o Ikut Membantu
SERVICE Laptop dan PC
|
Melakukan perbaikan dan/ atau setting
ulang sistem PC
|
1
Menjelaskan langkah perbaikan
PC
2
Memperbaiki PC
3
Memeriksa hasil perbaikan sistem PC
|
o
Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o
Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
|
Melakukan perbaikan peripheral
|
4
Menjelaskan langkah perbaikan
periferal yang bermasalah
5
Memperbaiki periferal
6
Memeriksa hasil perbaikan
periferal
|
o
Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o
Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
|
Melakukan perawatan PC
|
1. Menjelaskan langkah perawatan PC
2. Melakukan perawatan PC
3. Memeriksa hasil perawatan PC
4. Melakukan tindakan korektif
|
o
Ikut Membantu dalam Pengecekan PC & Laptop
o
Ikut Membantu SERVICE Laptop dan PC
o
Memberikan Info Cara Perawatan yang baik ke
Pelanggan
o
Ikut Dalam Pelayanan Konsultasi ke Pelanggan
|
Melakukan instalasi sistem operasi berbasis Graphical
User Interface (GUI) dan Command
Line Interface (CLI)
|
1.
Menjelaskan langkah instalasi
sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI)
2.
Melaksanakan instalasi sistem
operasi berbasis GUI sesuai Installation Manual
3.
Menjelaskan langkah instalasi
sistem operasi berbasis Command Line Interface (CLI)
4.
Melaksanakan instalasi sistem
operasi berbasis text sesuai Installation Manual
|
·
Ikut Membantu dalam Installasi
OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento,
Fedora, dll)
|
8. Melakukan instalasi software
|
5.
Menjelaskan langkah instalasi
software
6.
Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
7.
Mengecek hasil instalasi
menggunakan software (sampling)
8.
Melakukan troubleshooting
|
·
Ikut Membantu dalam Installasi
DRIVER PC/Laptop (VGA,LAN,Wifi,Audio,dll)
·
Ikut Membantu dalam Installasi
Program-program yang sering digunakan/permintaan pelanggan, seperti:Office
2010,Corel draw,adobe collection, 3dmax,opera,winamp,dll
|
9.
Melakukan
instalasi perangkat jaringan
lokal (Local Area Network)
|
9.
Menentukan persyaratan pengguna
10. Membuat desain awal jaringan
11. Mengevaluasi lalu lintas jaringan
12. Menyelesaikan desain jaringan
|
·
Ikut Membantu dalam Pemasangan
Jaringan LAN di pesanan WARNET, Pemasangan Speedy, dll
·
Ikut Membantu dalam Pemasangan
Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan Tetap/Baru
|
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang
tersambung jaringan
|
13. Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
14. Menganalisa gejala kerusakan
15. Melokalisasi daerah kerusakan
16. Mengisolasi permasalahan
|
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan
Tetap
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET
|
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
|
17. Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
18. Melakukan perbaikan koneksi jaringan
19. Melakukan setting ulang koneksi jaringan
20. Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
|
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan LAN di Instansi yang pesan / Pelanggan
Tetap
·
Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan , dan Perbaikan Jaringan di pelanggan yang pesan pemasangan WARNET
|
Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Text
|
21. Menjelaskan langkah instalasi software
22. Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
23. Mengkonfigurasi jaringan pada sistem operasi
24. Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
25. Melakukan troubleshooting
|
·
Ikut Membantu dalam Installasi
OS yang meliputi : Windows XP, Winmdows 7, Linux ( Mandriva, U-Buntu, Gento,
Fedora, dll)
|
Melakukan instalasi
perangkat jaringan berbasis luas (Wide
Area Network)
|
26. Menjelaskan persyaratan WAN
27. Mengidentifikasi spesifikasi WAN
28. Membuat desain awal jaringan WAN
29. Mengevaluasi lalu lintas jaringan
30. Menyelesaikan desain jaringan
|
·
Ikut Membantu dalam Pelayanan
Ke Pelanggan/Konsultasi, Pemasangan Modem, Pengaturan Wifi, LAN,dan
Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan Warnet
|
Mendiagnosis
permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide
Area Network)
|
31. Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
32. Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
33. Melokalisasi daerah kerusakan
34. Mengisolasi masalah
35. Menyelesaikan masalah yang timbul
|
·
Ikut Membantu dalam Pelayanan
Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Membuat desain sistem keamanan jaringan
|
36. Menentukan jenis-jenis keamanan jaringan
37. Memasang firewall
38. Mengidentifikasi pengendalian jaringan yang diperlukan
39. Mendesain sistem keamanan jaringan
|
· Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan berbasis
luas (Wide Area Network)
|
40. Menjelaskan langkah persiapan untuk setting ulang koneksi jaringan
41. Melakukan perbaikan koneksi jaringan
42. Melakukan setting ulang koneksi jaringan
43. Memeriksa hasil perbaikan koneksi jaringan
|
· Ikut Membantu dalam Pelayanan Ke
Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Mengadministrasi server dalam jaringan
|
44. Memilih aplikasi untuk server
45. Memilih sistem operasi untuk jaringan
46. Memilih komponen server
47. Menetapkan spesifikasi server
48. Membangun dan mengkonfigurasi server
49. Menguji server
50. Memonitor kinerja jaringan
|
· Ikut Membantu dalam Pelayanan
Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Merancang bangun
dan menganalisa Wide Area Network
|
51. Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan perangkat jaringan
52. Meninjau masalah keamanan
53. Memasang dan mengkonfigurasi produk dan perangkat gateway
54. Mengkonfigurasi dan menguji titik jaringan
55. Mengimplementasi perubahan
|
·
Ikut Membantu dalam Pelayanan
Ke Pelanggan/Konsultasi, Perawatan, pengecekan, Pemasangan Modem, Pengaturan
Wifi, LAN,dan Pemasangan Speedy Rumah, dan pemasangan Pesanan untuk Jaringan
Warnet
|
Merancang web
data base untuk content server
|
56. Menentukan kebutuhan sistem
57. Menentukan prosedur recovery
58. Merancang arsitektur basis data
59. Mengklasifikasikan penggunaan basis data.
|
· Ikut Membantu dalam Perawatan,
Pengecekan, penambahan, dan perbaikan pada WEB Badan Usaha Tersebut, Baik
dari Segi Desain, Domain, Hosting,dll
|
2. Multi
Media (072)
>>
Spesial Untuk Jurusan Multimedia akan ada pengenalan Software-Software lain
yang sering digunakan untuk pembuatan Produk Media oleh Badan Usaha/Perusahaan
Tersebut, Yaitu :
NO
|
KETERANGAN SOFTWARE
|
SUDAH TAHU/
BELUM TAHU
|
|
WEB DEVELOPMENT
|
|||
Pembuatan Web dengan Ms. Publisher
|
|||
Pembuatan Web dengan WPM
|
|||
Pembuatan Web dengan EES
|
|||
Pembuatan Web dengan WebKitPlus
|
|||
Pembuatan Web dengan Web exe
|
|||
Pembuatan Web dengan Expression web design
menu
|
|||
Pembuatan Web dengan Atrise web design HTMLock
|
|||
Pembuatan WEB berbasis CMS (Content Management
System) :
o WordPress,
Jommla!,Mambo, Drupal, Typo3,e107, Dll
|
|||
Program Tambahan :
o Sigma visual
ajax GUI builder, Free colored scrollbar, AAA Web album, Coffe cup free HTML
editor, Java Script, MySQL, PHP, HTML, Dll
|
|||
Pembuatan Web Online
o Dll
Pembuatan Blog Online
> Astalog.com, www.Blogger.com, Wordpress.com,
Livejournal.com, Blog.com, Comluv.com, Blogs.ie, Blogsome.com,
Blogdrive.com , Instablogs.com, www.Atom5.com, www.Vox.com, Blogmas.com, www.Blognow.com.au, www.Bravenet.com , www.zoomspace.com, 360.yahoo.com, www.weebly.com, tooum.com, www.terapad.com, www.squarespace.com, www.soulcast.com, www.shoutpost.com, www.opendiary.com, www.netcipia.com ,
multiply.com, www.etribes.com , clearblogs.com, www.blogyx.com, www.Blogster.com, www.Blogr.com, Edublogs.org, Blogetery.com, www.Wordcountjournal.com , www.Trippert.com, www.Freevlog.org, www.Busythumbs.com, www.Blogcheese.com., www.greatestjournal.com, www.Akopo.com, Zorpia.com, Mytypes.com, my.Opera.com , www.Blogates.co, A- blogger.com, Plinplan.net,
Weblogs.web.id, Ayongeblog.com, Blogdetik.com, Dagdigdug.com, Dll
Pembuatan Forum Online,
Jejaring Sosial & Program Pendukungnya
o IndonesianForum.net/Forumotion.com, Createmybb3.com, Smfnew.com, Freesmfhosting.com, Forumup.com, Nabble.com, Etano, Pointter, Grou.ps
o Program
Pendukung lainny :
1024, Affinity Circles –AIOCP, Altrasoft E-Friends, BCOOS
BitWeaver, Blogtronix, CMS Made SimpleCollective, Content Now, Converdge, CrowdVine, Crowd Factory, Dolphin, DragonFly CMS, DrBenHur Drupal, DZOIC Handshakes e107, Easy Portal, Elgg, Elxis, Etomite, Exponent CMS, EXV2, EZPublish, Fundanemt, FuzzLime, GeekLog, GoingOn, GoLightly, GoLightly Plus, iGaming CM, SInsane Visions, Intro Networks, Jaws Projects, Joomla, Jupiter Portal, KickApps, Kwiqq Social Website Builder, Leverage, Software, Lithium, LiveWorld, Mambo, MaxDev, Me.com, ModX CMS, MiPhoto, Neighborhood America –Netious, Ning, Omnifuse, OneSite, Ovidentia, People Aggregator, Pheap, PHPFpx, PHP Fusion, PHP Nuke, PHPCMS, PHPizabi, PHP Web Site, Pligg, Pluck, Plume Content Management, PostNuke CMS, Pringo, Prospero, Run CMS, Select Minds, SilverStripe, Small World Labs, Social Platform, Sparta Social Networks, Spip, Telligent Community Server 2007, The Port Social Media Site, TikiWiki, Toenda, Typo3, TypoLight, Village Engine, Web Crossing, |
|||
MULTIMEDIA DEVELOPMENT
|
|||
Macromedia Flash
|
|||
Sothink EES SWF
|
|||
Decomplier
|
|||
Adobe Flash CS
|
|||
3D max
|
|||
2D animatior
|
|||
3D animator
|
|||
Xara 3D
|
|||
Swish max
|
|||
Adobe after effect
|
|||
Auto run / auto play
|
|||
Avid Free DV
|
|||
Zolopages
|
|||
Emule ultra accelerator
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|||
GAME DEVELOPMENT
|
|||
Game creator
|
|||
3D game studio
|
|||
Game discovery
|
|||
Adventure game studio
|
|||
R.P.G maker vx
|
|||
Jump craft
|
|||
Krita
|
|||
Macromedia Flash
|
|||
Unity 3D
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|||
AUDIO VISUAL DEVELOPMENT
|
|||
Fruity loop
|
|||
Band inbox
|
|||
Adobe audition
|
|||
Avid Free DV
|
|||
Sonic video editing
|
|||
Sony vegas
|
|||
Adobe after effect
|
|||
Sonic video editing
|
|||
Ulead editing video
|
|||
Cool Edit Pro
|
|||
Dan Program pendukung lainnya :
Amadeus Pro, Ardour, Audacity, Audiobook Cutter Free Edition, Audio Editor Gold, Audio Dementia, AudioLab[1], Audio Cleaning Lab[2],
Creative Wavestudio, Diamond Cut DC7, Ecasound, Freecycle, Fast Edit, Fission, FlexiMusic Wave Editor, Goldwave, Jokosher, LMMS,
Media Digitalizer, Mp3splt, MusE, Aviary Myna, n-Track Studio, NU-Tech, Pro Tools, Pyramix, Qtractor, QuickAudio, Reaper[5], ReZound
|
|||
Media and Advertising
|
|||
Adobe photoshop
|
|||
Ulead editing photo express
|
|||
Corel Draw
|
|||
Wax
|
|||
Zwei stein
|
|||
Paint net
|
|||
Art weaver
|
|||
Photo Plus SE
|
|||
Photo filtre
|
|||
Paint star
|
|||
Pixen
|
|||
Ink Scape
|
|||
Seashore
|
|||
Dan Program pendukung lainnya
|
|||
PENGENALAN TAMBAHAN:
o Penerimaan Tamu
o Ikut Menjadi STAFF
TEKNISI/STAFF Marketing di PAMERAN TERBESAR DI YOGYAKARTA DI JEC
o Marketing Secara
Online
o Membandingkan
komponen PC dan LAPTOP
o Pengenalan BISNIS
ONLINE
o Pembuatan Video
Iklan Untuk Sponsor
o Pembuatan Video
Profil masing-masing peserta PKL
|
SEKILAS Kegiatan/Pekerjaan Selama
Prakerind di Bidang/ JURUSAN Multimedia :
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan web, meliputi:
·
Desain dari berbagai Program
·
Proses HOSTING dan Domain
·
Perawatan/Optimalisasi WEB
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan media pembelajaran, meliputi:
·
Desain, Lay Out, Editing Musik, Revisi
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan game media interaktif
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan GAME Petualangan Umum
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan Blog
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan editing foto
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan editing video
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan editing music
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan desain spanduk, sticker, dan pin
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan desain lay out buku
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan pesanan desain cover, dll
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan Game Edukasi
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan Forum/Jejaring Sosial
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan Toko Online
· Melihat dan membantu dalam
pembuatan Company Profile
· Membantu dalam Pengambilan
gambar/Shooting Video Untuk Keperluan media, dll
· Membantu dalam penerimaan tamu
· Membantu dalam Inventarisasi
barang-barang
· Marketing Online dan Offline
· Pembuatan Brosur Iklan, Desain
Untuk Keperluan Marketing/Pemasaran, dll
· Melihat dan membantu dalam
Konsultasi dengan Tamu/Pemesan/Pelanggan
· Kebersihan/Bersih-Bersih Ruangan
· Dan kegiatan/kerjaan lainnya
PERBANDINGAN
/ KESESUAIAN
INFO
SEKILAS UNTUK PEKERJAAN/KEGIATAN SELAMA PKL
DI
JURUSAN MULTIMEDIA
DENGAN
SK DAN
KD PIHAK SEKOLAH
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
JENIS KEGIATAN DI TEMPAT PKL AN /PENERAPANNYA
|
Memahami etimologi multimedia
|
1.1 Mendeskripsikan tentang multimedia
1.2 Menjelaskan multimedia content
production
1.3 Menjelaskan multimedia communication
|
·
Ikut Membantu dalam Penerimaan
Tamu Untuk Pelayanan ke Pelanggan mengenai Multimedia, Pesanan Media
Pembelajaran, Pesanan Web, Pesanan Game, Pesanan Animasi, Kartun, Desain,
Editing Audio Video, dll
|
Memahami alir proses produksi produk multimedia
|
2.1 Menjelaskan proses pre production multimedia
2.2 Menjelaskan proses production multimedia
2.3 Menjelaskan proses post production multimedia
|
·
Ikut Membantu dalam
Perancangan Desain, Ide/Inisiatif dalam Pembuatan Pesanan Multimedia (
Pesanan Web, Kuis Interaktif, Blog, Editing Video, Animasi, Kartun, Game,
Media Pembelajaran, Company Profile, Pemilihan Domain dan Hosting , Aneka
Desain Kaos, Jaket, Spanduk,dll)
|
Merawat peralatan multimedia
|
3.1 Menjelaskan
langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2 Melakukan perawatan
peralatan multimedia
3.3 Membuat kartu perawatan
peralatan multimedia
|
·
Ikut Membantu dalam Perawatan
setiap harii, meliputi Pengontrolan, pembersihan peralatan,pengecekan,dll
|
Mengelola isi halaman web
|
4.1 Memeriksa informasi
untuk relevansi dan currency
4.2 Memeriksa links dan navigasi
4.3 Mengedit informasi
sesuai kebutuhan
4.4 Menguji dan
memastikan perubahan perubahan
|
·
Ikut Membantu dalam Pembuatan
pesanan WEB, baik desain, isi, sampai ke proses Domain dan Hosting.
|
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
|
5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera
video
5.2 Mengoperasikan kamera video
5.3 Mengisi dan merawat battery
selama pengambilan gambar
5.4 Mengoperasikan kamera
5.5 Menata
kabel-kabel kamera
5.6 Mengoperasikan clapper board
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
/Pengambilan VIDEO untuk Company Profile, Untuk Keperluan pembuatan WEB,
Untuk Keperluan Pesanan Media Pembelajaran
·
Ikut Membantu dalam Editing
Video dan Audio nya
·
Ikut Membantu dalam Perancangan
Video bersama staff/Karyawan
|
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual
untuk multimedia
|
6.1
Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2
Membuat sketsa
6.3
Menggambar perspektif
6.4
Menggambar objek
6.5
Menggambar ilustrasi
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
|
7.1 Menjelaskan syarat
animasi
7.2 Membuat gambar kunci
7.3 Mengatur dan
melengkapi gambar kunci
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya. Pembuatan animasi biasanya diperlukan untuk
pesanan pembuatan kartun edukasi, kartun untuk company profile, web dan media
pembelajaran
|
Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
8.1
Mendeskripsikan gambar yang asli
8.2
Membuat gambar-gambar asli
8.3
Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
8.4
Membuat gambar tiga dimensi
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi 3D dengan Penambahan dan pengenalan program/software, seperti : 3D
max, XARA 3D, Macromedia Flash, Adobe After Effect,dll
|
Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
9.1
Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
9.2
Membuat model warna dan tempat warna
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
|
10.1 Menggunakan software teks multimedia
10.2 Mendesain teks
multimedia
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web,
dan company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
|
11.1 Mengedit gambar
digital
11.2 Menggunakan
software grafik multimedia
2D
11.3 Menciptakan
design grafik Multimedia 2D
11.4 Menampilkan karya
seni digital 2D
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian
multimedia
|
12.1 Menggunakan kamera
digital
12.2 Menggabungkan foto
digital ke dalam rangkaian multimedia
12.3 Menciptakan susunan
karya seni foto digital dan grafik 2D
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pesanan
editing FOTO pernikahan, baik secara desain asli maupun desain manipulasi
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint
|
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
|
13.1 Menjabarkan format
audio digital
13.2 Menggunakan software
audio digital
13.3 Merancang audio
digital
13.4 Membangun track
audio digital
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
editing audio, program yang sering digunakan:adobe audition, band in box,
beatcraff,organ digital, fruityloop,cool edit pro,dll
|
Membuat story
board aplikasi multimedia
|
14.1 Mengidentifikasi
kebutuhan
14.2 Merencanakan alur
isi story board
14.3 Medeskripsikan
proses pelaksanaan dalam story board
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan sketsa/desain
baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk pembuatan Lay out,
desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
|
15.1 Menjelaskan dasar
tata cahaya
15.2 Menjelaskan efek
cahaya
15.3 Menyiapkan operasi lighting
|
·
Ikut Membantu dalam editing
Video
·
Ikut Membantu dalam editing
Foto
|
Menerapkan efek khusus pada objek produksi
|
16.1 Mengidentifikasikan
materi penunjang efek khusus
16.2 Menginstallasi software efek khusus
16.3 Membuat efek khusus
pada obyek
|
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
sketsa/desain baik secara manual maupun dengan software, digunakan untuk
pembuatan Lay out, desain animasi, kartun, kuis interaktif, Game, web, dan
company Profile
·
Ikut Membantu dalam pembuatan
animasi tingkat lanjutnya.
|
Menyusun proposal penawaran
|
17.1 Menganalisa syarat-syarat proyek
17.2 Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai
dengan persyaratan laporan
17.3 Membuat rancangan biaya-biaya dan
sumber-sumber yang ada
17.4 Membuat proposal
17.5 Membuat pengajuan permohonan tender
|
· Ikut Membantu dalam pembuatan
proposal proyek ke Perusahaan / Instansi dalam penyebaran untuk keperluan
Marketing.
· Ikut Dalam Peninjauan/Menemui
Pelanggan untuk penawaran pengajuan Proposal
|
FORMULIR PENDAFTARAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN /PRAKTEK DUNIA USAHA/PRAKTEK KERJA INDUSTRI
MELALUI SIC
A.
IDENTITAS PESERTA
· NAMA
· JENIS
KELAMIN
· TTL
· AGAMA
· ALAMAT
LENGKAP
· NO
HP PESERTA
· NIS
/ NIM
· NAMA
SEKOLAH/UNIVERSITAS
· ALAMAT
SEKOLAH/UNIVERSITAS
· PROGRAM
KEAHLIAN PESERTA
· EMAIL
& FACEBOOK
B.
PEMBIMBING/PENANGGUNGJAWAB PKL/PDU/PRAKERIND
o NAMA
o NIP
o NO
HP/TELP
o ALAMAT
LENGKAP
C. IDENTITAS
ORANGTUA PESERTA
o NAMA
AYAH :
i.
PEKERJAAN
ii. UMUR/USIA
o NAMA
IBU :
i. PEKERJAAN
ii. UMUR/USIA
o NO
HP/TELP
o ALAMAT
LENGKAP
D.
LAIN-LAIN
·
Sebutkan Sakit yang pernah dialami anda :
......................................................................
......................................................................
......................................................................
·
Apakah anda bisa mengendarai Sepeda Motor dengan benar
? ( Sudah / Belum )
·
Apakah anda sudah memiliki SIM ? ( Sudah / Belum
)
·
Sebutkan Organisasi yang sudah pernah anda ikuti ...............................................................
·
Berapa jumlah saudara dalam keluarga anda? (
........................... )
·
Apakah anda memiliki Laptop (Notebook)/ Netbook ? (
Ya / Tidak )
·
Apakah anda memiliki kamera digital / Handycam ?
(Kamera Digital / Handycam / Tidak Punya )
TAMBAHAN UNTUK
PESERTA PKL/PRAKERIND
1. TULISKAN
MATERI DAN PRAKTEK JURUSAN MULTIMEDIA / JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN SELAMA DISEKOLAH / Universitas ANDA
a. (misal)
Macromedia Flash
b. (misal)
Perakitan Komputer
c. …………………………………………………………….
d. …………………………………………………………….
e. …………………………………………………………….
f. …………………………………………………………….
g. …………………………………………………………….
h. …………………………………………………………….
i. …………………………………………………………….
j. …………………………………………………………….
k. …………………………………………………………….
l. …………………………………………………………….
m. …………………………………………………………….
n. …………………………………………………………….
o. …………………………………………………………….
2. Sebutkan
Keterampilan / Skill yang sudah anda kuasai sampai saat ini (Jurusan Multimedia
& Teknik Komputer dan Jaringan )
a. …………………………………………………………….
b. …………………………………………………………….
c. …………………………………………………………….
d. …………………………………………………………….
e. …………………………………………………………….
f. …………………………………………………………….
3.
Sebutkan Hobi yang anda sukai selama ini
a.
…………………………………………………………….
b.
…………………………………………………………….
c.
…………………………………………………………….
4. Sebutkan
Cita-cita anda setelah lulus Sekolah / Kuliah
a.
…………………………………………………………….
b.
…………………………………………………………….
c.
…………………………………………………………….
5. Apakah
yang anda inginkan selama PKL/Prakerind berlangsung? (Lingkari yang anda
inginkan)
1) SERTIFIKAT/PIAGAM PENGHARGAAN
2) Dibantu Pembuatan Laporan PKL/ Prakerind oleh Pihak SIC
3) Ikut Berbagai Pelatihan Gratis di SIC Bidang Multimedia dan Komputer
sebagai Bekal sambil menerapkan di badan Usaha/Tempat Usaha yang disediakan
oleh PIhak SIC
4) Tuliskan lagi keinginan anda :
o .......................................................................................................................
o ............................................................................................................................
o ............................................................................................................................
· FORMULIR DAN KETENTUAN INI
DICOPY SEBANYAK 4X , Diberikan kepada :
1. Pihak Sekolah
2. Pihak Keluarga
3. Pihak Peserta PKL
4.
Pihak SIC
Yogyakarta, ................................
Pihak Sekolah Pihak
Peserta
..............................
................................
Pihak Keluarga Pihak
SIC
................................
................................
0 komentar:
Posting Komentar